Advertisement

CARA MENCEGAH PENYAKIT KELAMIN – Ditularkan melalui hubung­an kelamin. Dalam arti sempit, penyakit yang ditular­kan melalui hubungan kelamin meliputi penyakit yang disebut “penyakit kotor” oleh kalangan awam, misalnya gonore, sifilis, limfo granuloma venereum, dan herpes genitalis. Dalam arti luas, penyakit yang ditularkan melalui hubungan kelamin sangat luas, dan meliputi berbagai penyakit kulit seperti penyakit ja­mur, penyakit parasit seperti kudis atau skabies.

Kejadian penyakit ini cenderung meningkat, wa­laupun telah ditemukan cara pengobatan yang ampuh. Hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan berhubungan ke­lamin dengan pelacur, kebebasan berhubungan kela­min dan kebiasaan berganti-ganti pasangan. Faktor lain yang dianggap menunjang peningkatan penderita penyakit kelamin ialah tersedianya alat kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan, kuman yang sudah menjadi kebcii terhadap pengobatan, dan samarnya gejala beberapa penyakit kelamin pada wanita.

Advertisement

Dewasa ini penyakit AIDS, yang umumnya juga ditularkan melalui hubungan kelamin, sangat men­cemaskan penduduk dunia. Pengobatan yang efektif untuk penyakit ini belum ditemukan, sedangkan keja­diannya cenderung meningkat terus.

Advertisement