Advertisement

CARA MENGATASI KEGEMUKAN – Atau obesitas, timbul bila bobot ba­dan seseorang lebih dari 120 persen bobot badan idealnya. Proporsi lemak tubuh kadang-kadang juga dipakai pedoman dalam menentukan kegemukan. Pa­da pria, bila lemak tubuh sudah melebihi 20 persen bobot badan maka ia sudah termasuk dalam kategori orang gemuk. Wanita baru dikatakan kegemukan bila lemak tubuhnya melebihi 27 persen. Orang yang ke­gemukan juga dapat diketahui dari tebalnya lipatan kulit yang melebihi 2,5 sentimeter.

Kegemukan sering menjadi masalah kesehatan ma­syarakat di negara maju. Sebagai contoh, sekitar 30 persen penduduk Amerika Serikat mempunyai masa­lah ini. Penyebabnya umumnya makan terlalu banyak dan aktivitas fisik yang kurang. Obesitas dapat terjadi pada semua umur, namun biasanya terjadi pada umur pertengahan.

Advertisement

Cara Mengatasi Kegemukan

Cara Mengatasi Kegemukan

Obesitas dihindari karena menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Penyakit yang mudah timbul pada orang gemuk antara lain penyakit tekanan darah ting­gi, penyakit jantung, kencing manis, kanker, dan ke­tidaksuburan. Orang gemuk biasanya kurang gesit, sehingga risiko mengalami kecelakaan menjadi lebih besar. Kegemukan dapat dikurangi dengan penga­turan diet, latihan fisik yang teratur, obat-obatan, dan sering kali diperlukan terapi psikologis.

Advertisement