Advertisement

Rasanya sangat sulit untuk mengatakan bahwa prasangka dapat dihapuskan. Karena prasangka bersumber pada diri manusia dan interaksi antarmanusia, maka prasangka tidak akan dapat sepenuhnya dihilangkan. Selain itu, karena terlalu banyak faktor yang mempengaruhi prasangka, tidak ada satu pun jalan terbaik untuk menghilangkan prasangka.

Namun, prasangka dapat diantisipasi. Oleh karena itu, prasangka dapat dikurangi dampaknya. Prasangka yang ditimbulkan karena ketidakadilan dan ketidakseimbangan dapat diatasi dengan menciptakan situasi yang lebih adil. Prasangka yang disebabkan karena diskriminasi dikurangi dengan cara menghilangkan diskriminasi. Prasangka yang didukung oleh intuisi masyarakat dicegah dengan mengubah tatanan dalam intuisi masyarakat itu sendiri dan perasaan in group-out diatasi dengan memperbanyak kontak antar kelompok.

Advertisement

Dalam konseling, misalnya, prasangka dapat dikurangi dengan mengubah pola hubungan antara konselor dan klien dari yang berpegang teguh pada etika yang standar ke proses yang dialami bersama untuk mencapai kesepakatan-kesepakatan bersama, sehingga dapat dikurangi prasangka-prasangka yang tidak perlu (Biersdorf, dkk., 1996). Pada bidang pendidikan dalam keluarga, dapat disarankan agar anak yang lahir dari perkawinan antaragama dididik menurut salah satu agama orang tuanya dan tidak dididik berdasarkan kedua agama, atau tidak dididik agama sama sekali yang dapat berdampak lebih mudahnya timbul berbagai prasangka.

Incoming search terms:

  • cara mengatasi prasangka

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • cara mengatasi prasangka