Advertisement

Struktur usia – jenis kelamin adalah distribusi populasi berdasarkan umur dan jenis kelamin. Pemilahan populasi berdasarkan umur dan jenis kelamin itu bisa dilakukan menurut angka mutlak atau angka relatif, di mana angka relatif menunjukkan rasio populasi dari suatu kelompok umur-usia tertentu terhadap populasi dari keseluruhan lapisan usia dan kedua jenis kelamin. Distribusi umur bisa terbentuk atas dasar pembagian usia dalam satuan tahun atau kelompok umur, misalnya dibagi dalam lima-lima tahun. Kelompok-kelompok 0 sampai 14 tahun, lalu 15 hingga 60 tahun, atau 60 tahun ke atas. Cara pengelompokan umur memang bervariasi, tergantung pada presisi atau tingkat ketepatan yang diinginkan, serta kualitas data yang tersedia. Seandainya kualitas data yang tersedia kurang memadai, seperti yang ada di sejumlah negara berkembang di mana sebagian penduduknya tidak tahu persis usia mereka sendiri, penggolongan usia acapkali memakai pembagian per tahun, kendati hal ini menyebabkan hilangnya sebagian informasi.

Tampilan grafik dari struktur usia-jenis kelamin juga sering disebut sebagai piramida populasi (population pyramid). Ini semacam histogram. Angka-angka relatif atau mutlak ditampilkan dalam sumbu absis, dan umur atau kelompok umur ditampilkan pada ordinat. Data untuk jenis kelamin lelaki terletak di bagian kiri sumbu ordinat dan jenis kelamin perempuan di sebelah kanan. Luas bidang-bidang persegi pada histogram sebanding dengan jumlah populasi di tiap umur atau kelompok umur. Peraga 1, sebagai contoh, menampilkan piramida populasi Aljazair pada 1966. Di sini angka-angka populasi mewakili 10.000 orang. Terlihat bahwa populasi Aljazair kebanyakan berusia muda: proporsi populasi di bawah 15 tahun, sebagai buktinya, lebih besar dibanding sisa populasi keseluruhan. Terlihat pula bahwa pembagian menurut usia pada sensus 1996 tidak efektif. Orang cenderung membulatkan umur mereka, sehingga akibatnya angka po-pulasi pada usia yang angka terakhirnya 0 atau 5 menjadi tinggi. Di Aljazair hal semacam ini lebih jelas pada wanita ketimbang lelaki. Grafik lain yang juga bermanfaat adalah grafik yang menunjukkan pembagian jenis kelamin menurut usia. Jadi, grafik itu menampilkan rasio jenis kelamin menurut umur atau kelompok umur. Rasio-rasio jenis kelamin didapat dengan membagi jumlah lelaki dalam masing-masing kelompok dengan jumlah perempuan pada umur atau kelompok umur yang sama. Hasil pembagian itu dinamakan rasio maskulinitas (masculinity ratios). Rasio ini cenderung menurun jika usia semakin bertambah. Pada usia muda, anak lelaki cenderung lebih banyak ketimbang anak perempuan; kira-kira 105 anak lelaki lahir untuk setiap 100 kelahiran anak perempuan Kian meningkat usia rasio maskulinitas ini menurun dan pada akhirnya menjadi lebih kecil daripada 1. karena resiko kematian di usia tersebut iebih tinggi pada lelaki ketimbang perempuan Secara keseluruhan. biasanya lebih banyak ketimbang lelaki dalam suatu populasi, antaran lebih besarnya kematian pada lelaki. Rasio-rasio maskulinitas menurut usia juga tergantung pada dampak migrasi. Jika migrasi sifatnya spesifik menurut jenis kelamin, rasio maskulinitas akan mencerminkan gejala itu pada lapis usia tersebut.

Advertisement

Orang juga kerapkaii menyebut istilah struktur usia tua atau muda. Akan halnya struktur usia muda, proporsi pemuda dalam populasi itu tinggi; demikian pula sebaliknya. Struktur populasi muda pada hakikatnya berkaitan dengan tingginya angka kelahiran. Struktur populasi yang tua terlihat kala angka kelahiran menurun. Dampak angka kematian terhadap struktur usia biasanya lebih kecil dibanding angka kelahiran; karena kematian pada usia dini mempengaruhi secara simultan usia-usia di atasnya. Jika risiko kematian itu berkurang terutama pada anak- anak, maka angka kematian yang kecil akan memudahkan kembali populasi hal sebaliknya akan terjadi, kalau angka harapan hidup meningkat tenjtama bagi kaum lanjut usia.  Jika angka kelahiran dan kematian tetap tidak berubah dan populasi itu sifatnya tertutup terhadap migrasi, maka struktur usia yang stabil akan bertahan sepanjang waktu itu distribusi umur tidak berubah dan tergantung semata-mata pada perubahan angka kelahiran dan kematian pada masing-masing kelompok usia. Hal ini telah dibiaskan dan dikenal sebagai kondisi ergodisitas yang kuat (strong ergodicity).

Incoming search terms:

  • cara mencari struktur umur
  • pengertian struktur umur
  • struktur umur populasi
  • jenis kelamin tidak stabil
  • pengaruh struktur umur terhadap populasi

Advertisement
Filed under : Bikers Health, tags:

Incoming search terms:

  • cara mencari struktur umur
  • pengertian struktur umur
  • struktur umur populasi
  • jenis kelamin tidak stabil
  • pengaruh struktur umur terhadap populasi