Advertisement

CIRI
Dalam psikologi, adalah cara seseorang bereaksi terhadap rangsang-rangsang. Ada dua pandangan yang saling berbeda mengenai ciri ini. Pandangan yang satu berpendapat bahwa suatu ciri hanya dapat disimpulkan dari konsistensi perilaku individu. Pendapat ini antara lain dikemukakan oleh W. Stern. Ahli lain, G.W. Allport, berpendapat bahwa ciri adalah unsur dasar kepribadian individu, berupa predisposisi untuk bereaksi dan berespons. Predisposisi ini berakar pada sistem neurops individu, sungguh-sungguh ada dalam diri individu, dan tidak hanya apa yang disimpulkan dari perilakunya.
Hal-hal yang dapat menampilkan suatu ciri ke permukaan maupun bentuk-bentuk ekspresinya tidak sama. Ciri dan kebiasaan merupakan kecenderungan yang ikut menentukan perilaku. Akan tetapi, bila dilihat dari situasi yang dapat menimbulkannya, sifat ciri lebih umum daripada kebiasaan. Selain itu, ciri juga lebih beragam dalam ekspresinya. Membedakan ciri dan sikap adalah lebih sulit. Kedua-duanya merupakan predisposisi untuk berespons; kedua-duanya dapat memprakarsai dan mengarahkan perilaku; kedua-duanya adalah hasil perpaduan antara faktor-faktor bawaan dan pengaruh-pengaruh lingkungan. Akan tetapi sikap berkaitan dengan suatu objek tertentu, sedangkan ciri tidak. Sikap mengandung suatu evaluasi, dan ciri tidak.
Allport menggolong-golongkan ciri ke dalam ciri umum, yang terdapat pada semua orang, dan ciri individual, yang terdapat hanya pada orang-orang tertentu. Ia juga membedakan antara ciri utama. yang akan terlihat pada sebagian besar tindak-tanduk individu yang bersangkutan, dan ciri sentral, yang menampilkan kecenderungan-kecenderungan sangat khas bagi individu yang bersangkutan. Selain itu, ada cirri sekunder yang tidak begitu mengkhaskan individu bersangkutan. Cattell membeda-bedakan antara ciri kemampuan seperti inteligensi, ciri temperamen seperti cepat dan mudah berubah, dan ciri dinamis yang dianggapnya memberikan kekuatan kepada perilaku.
Lihat dari tingkatannya, Cattell menyebutkan ciri sumber dan ciri permukaan. Sebelum berkembangnya teori-teori kepribadian yang menggunakan ciri untuk membedakan individu yang satu dari yang lain, yang dipakai untuk tujuan tersebut adalah tipologi-tipologi.

Incoming search terms:

  • apa arti saling tidak bereaksi
  • pengertian saling tidak bereaksi
  • individu bereaksi
  • pengertian bereaksi
  • pengertian dari bereaksi

Advertisement
Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • apa arti saling tidak bereaksi
  • pengertian saling tidak bereaksi
  • individu bereaksi
  • pengertian bereaksi
  • pengertian dari bereaksi