Advertisement

Ratu Mesir Kuno yang terkenal cantik, ambisius dan banyak akalnya. Hubungan cintanya dengan Julius Caesar dan Markus Antonius menjadi legenda. Ia disebut juga Cleopatra VII, karena merupakan Ratu Mesir ke-7 yang berhak memakai nama itu. Cleopatra merupakan keturunan terakhir Ptolemeus, salah satu jenderal Alexander Agung yang mendirikan Dinasti Macedonia di Mesir.

Waktu Ptolemeus XII meninggal dunia, Ptolemeus XIII yang baru berumur 10 tahun naik tahta. Cleopatra, kakak kandungnya, sesuai tradisi Mesir waktu itu, otomatis menjadi istrinya. Cleopatra bentrok dengan wali-wali saudaranya, lalu dikucilkan tahun 48 SM. Waktu Julius Caesar yang sedang mengejar Pompeius tiba di Mesir, Cleopatra minta bantuannya. Caesar berperang melawan musuh Cleopatra dan menang. Karena Ptolemeus XIII tewas, takhtanya diberikan kepada Cleopatra dan saudara lelakinya yang lain, Ptolemeus XIV. Adiknya yang ini pun, sesuai tradisi, menjadi suami Cleopatra. Tahun 47 SM Cleopatra melahirkan anak lelaki yang ia namakan Caesarion karena katanya bayi itu anak Julius Caesar.

Advertisement

Pada saat Caesar dibunuh, ia sedang berada di Roma atas undangan Caesar. Cleopatra segera kembali ke Mesir karena tak disukai orang Romawi. Supaya Caesarion, anaknya dapat naik takhta, Cleopatra membunuh Ptolemeus XIV, adik dan juga suaminya sendiri, setibanya di Mesir.

Tahun 41 SM Cleopatra bertemu dengan Markus Antonius, yang bersama Octavianus menggantikan Julius Caesar. Selain jatuh cinta, mereka juga saling membutuhkan. Antonius mengharapkan, dengan kekayaan Mesir, dapat menjadi penguasa tunggal bangsa Romawi. Sedangkan Cleopatra mengharapkan, dengan keperkasaan Antonius, Mesir akan jaya kembali. Waktu Antonius mulai membagi-bagi gelar dan tanah jajahan Romawi bagian timur kepada Cleopatra dan anak-anaknya, orang-orang Romawi marah. Octavianus menganggap Antonius berkhianat. Cleopatra pun dibenci oleh orang Romawi.
Tahun 32 SM sebuah armada Romawi di bawah Agrippa dikirim ke Mesir untuk menghukum mereka. Pertempuran laut terjadi di lepas pantai barat Yunani. Agrippa menang. Antonius dan Cleopatra melarikan diri ke Mesir. Octavianus kemudian memimpin sendiri pengejarannya. Waktu ia tiba di Mesir, Cleopatra menyebarkan desas-desus bahwa dia sudah mati bunuh diri. Antonius, yang tidak mengetahui bahwa berita itu hanya tipu muslihat, begitu kaget dan sedih sehingga ia bunuh diri. Cleopatra mencoba berdamai dengan Octavianus, tetapi gagal. Karena sadar bahwa kedudukannya sudah tidak tertolong lagi, ia bunuh diri dengan gigitan ular. Cleopatra dikubur bersama Markus Antonius. Anaknya yang dikatakan anak Caesar dibunuh oleh orang Romawi karena dikhawatirkan akan menimbulkan masalah di kemudian hari mengenai kepemimpinan Romawi. Setelah Cleopatra kalah perang dan bunuh diri, Mesir menjadi bagian wilayah Romawi.

Incoming search terms:

  • pengertian cleopatra
  • cleopatra definisi
  • definisi cleopatra
  • ketika caesar mengejar cleopatra
  • mengapa cleopatra dibenci?

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian cleopatra
  • cleopatra definisi
  • definisi cleopatra
  • ketika caesar mengejar cleopatra
  • mengapa cleopatra dibenci?