DAYA TARIK KOMUNIKATOR

206 views

(SOURCE ATTRACTIVENESS)

Seorang komunikator akan mempunyai kemampuan untuk melakukan perubahan sikap melalui mekanisme daya tarik, jika pihak komunikan merasa bahwa komunikator ikut serta dengan mereka dalam hubungannya dengan opini secara memuaskan. Misalnya, komunikator dapat disenangi atau dikagumi sedemikian rupa, sehingga pihak komunikan akan menerima kepuasan dari usaha menyamakan diri dengannya melalui kepercayaan yang diberikan. Atau komunikator dapat dianggap mempunyai persamaan dengan komunikan, sehingga komunikan bersedia untuk tunduk kepada pesan yang dikomunikasikan komunikator.

Byrne telah melakukan demonstrasi bahwa komunikan menyenangi komunikator, apabila ia merasa adanya kesamaan antara komunikator dengannya. Khususnya kesamaan ideologi lebih penting daripada kesamaan demografi. Tampaknya ada kecenderungan yang kuat pada orang-orang untuk menyukai orang lain, kalau mereka merasa, bahwa orang lain tadi mengambil bagian dalam kepercayaannya.

Adalah faktor perasaan yang sama dengan komunikator yang terdapat pada komunikan yang akan menyebabkan komunikasi sukses. Sikap komunikator yang berusaha menyamakan diri dengan komunikan, akan menimbulkan simpati komunikan pada komunikator. Demikian : source credibility” dan “source attractiveness”, faktor penting pada komunikator.

Selanjutnya, seorang komunikator akan sukses dalam komunikasinya, kalau ia menyesuaikan komunikasinya dengan the image dari komunikan, yaitu memahami kepentingannya, kebutuhannya, kecakapannya, pengalamannya kemampuan berpikirnya, kesulitannya, dan sebagai- nya. Singkatnya, komunikator harus dapat menjagai kesemestaan alam mental yang terdapat pada komunikan, yang oleh Prof. Hartley disebut “the image of other”.

Incoming search terms:

  • pengertian daya tarik
  • daya tarik komunikator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *