Advertisement

1. Tipe analisis yang diajukan oleh kaum empiris dekat dengan arti harfiah kata ini. Kaum empiris Inggris, misalnya, mengartikan imajinasi sebagai pengolahan kembali bahan-bahan yang diperoleh indera. Dalam kaitan ini, Thomas Hobbes lebih mencolok dibanding rekan-rekannya sesama Inggris. Hobbes membagi imajinasi ke dalam tipe simpel dan gabungan. Contoh tipe yang pertama ialah perbuatan mengimajinasi seseorang atau seekor kuda yang sudah dilihat sebelumnya. Contoh tipe yang kedua ialah perbuatan membayangkan seekor ctntaurti (makluk setengali kuda setengah manusia) dengan menggabungkan penglihatan terhadap seseorang dan penglihatan terhadap seekor kuda.

2. Kant membedakan imajinasi reproduktif dan produktif. Yang terdahulu menggunakan data yang kacau balau dari pancainders dan memberikan kita keseluruhan obyek. Imajinasi model if membuat lengkap apa yang tidak lengkap pada obyek-obyck yang diindera. Imajinasi produktif berbuat lebih dari itu. k merupakan kekuatan yang memungkinkan kategori-kategori mengacur atau menata bahan dari intuisi. Oleh karena itu, imajinasi produktif memungkinkan suatu kesatuan dunia d# memungkinkan pengertian. Rupanya imajinasi produktif juga merupakan kondisi untuk kebaruan.

Advertisement

3. Coleridge membagi imajinasi ke dalam dua bagian: angan-angan {fancy) dan imajinasi konstruktif. Angan-angan mirip dengan imajinasi gabungan dari Hobbes. Tetapi imaji konstruktif lebih daripada sekadar asiosasi-asosiasi acak pada hakikatnya menciptakan dunianya sendiri, dengan menyusun detail-detail ke dalam kesatuannya sendiri menurut rencananya sendiri yang terkendali. Kemampuan manusia semacam ini dia sebut daya esempastik (menyusun menjadi kesatuan).

4. Croce melihat imajinasi sebagai kreasi intuisi seorang, dan proses ini amat penting dalam kreasi estetis.

Incoming search terms:

  • contóh perbuatan imajinasi
  • pengertian imajinasi penglihatan dan contoh

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • contóh perbuatan imajinasi
  • pengertian imajinasi penglihatan dan contoh