Advertisement

1. Dalam bahasa Skolastisisme, suatu tindakan iman, seperti melihat, tetap di dalam subyek dan tidak memodifikasi obyek. Tindakan yang memodifikasi obyeknya disebut tindakan transitif.

2. Spinoza membuat perbedaan yang sama, tetapi antara causa immanens dan causa transiens pengertian tentang kausalitas Allah harus imanen dalam alam.

Advertisement

3. Dalam bahasa Kant suatu prinsip adalah imanen jika penerapannya terletak seluruhnya di dalam batas-batas pengalaman yang mungkin; kalau tidak, prinsip itu adalah transendental.

4. Pembedaan imanen-transenden dalam bahasa religius dipakai secara sedikit berbeda. Allah boleh dilihat sebagai seluruhnya transenden, sebagiannya transenden dan sebagiannya imanen, atau seluruhnya imanen. Teologi-teologi yang satu sama Iain berbeda jauh, mulai dari teisme klasik sampai dengan panteisme berangkat dari pilihan terhadap relasi. Imanensi Allah di dalam dunia telah ditandaskan oleh kaum panteis maupun kaum panenteis. Dalam filsafat Timur, India secara khusus memperlihatkan penekanan ini. Dan mistisisme, baik yang di Barat maupun Timur, inenganut imanensi timbal-balik manusia dan Allah.

Incoming search terms:

  • pengertian imanen teologi proper
  • pengertian iman memanfaatkan imajinasi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian imanen teologi proper
  • pengertian iman memanfaatkan imajinasi