Advertisement

Secara historis, imortalitas jiwa merupakan suatu ciri dari sistem— sistem yang berorientasi kepada nilai: idealisme, dualisme, pluralisme; dan bukan ciri sistem-sistem materialistik, sebab di situ jiwa. atau diri ditafsir sebagai produk pemfungsian tubuh.

1. Socrates menampilkan sejumlah bukti imortalitas. Misalnya: kesatuan tak terbagikan dari jiwa, dan keabadian hal-hal yang berlawanan.

Advertisement

2. Pandangan Aristoteles mengenai materi tidaklah jelas. Dan pandangannya mengenai jiwa dapat diinterpretasikan sebagai mempertahankan atau menolak doktrin ini.

3. Stoisisme mengakui imortalitas parsial, imortalitas akal universal di dalam sang diri.

4. Kaum Skolastik membela ajaran itu dan memahami Aristoteles dalam arti itu juga. Menurut mereka, bagaimanapun juga, memalukan bahwa Averroes, komentator utama Aristoteles, menafsirkan sang fllsuf menerima bahwa hanya intelek aktif nonindividual imortal, sedangkan intelek pasif, yang berisi kondisi-kondisi individualitas, musnah bersama tubuh.

5. Menurut Descartes, baik pikiran (jiwa) maupun materi mempertahankan keterpisahannya waktu mati.

6. Dalam pandangan Leibniz, semua monade eternal; oleh karena itu, imortalitas merupakan sifat alamiah monade-monade jiwa.

7. Mendelssohn mendeduksi imortalitas jiwa dari ide metafisis subtansi simpel (tunggal) .

8. Kant menolak Mendelssohn, seraya mengemukakan buktinya sendiri yang mengafirmasi imortalitas berdasarkan tuntutan- tuntutan akal praktis (alasan moral).

9. Pandangan tentang imortalitas kondisional dianut oleh Goethe, Fichte, Lotze, dan mungkin juga Spinoza. Menurut pandangan ini, hanya mereka yang layak mendapatkan imortalitas men- capainya.

10. Unamuno, seraya menganut kemustahilan pembuktian, menganggap imortalitas tubuh dan jiwa sebagai keprihatinan sentral manusia.

11. Whitehead menampilkan suatu doktrin imortalitas objektif, yang mengidentikkan yang imortal dengan modalitas dari yang lampau.

Incoming search terms:

  • apa itu immoralitas jiwa
  • doktrin imortalitas jiwa
  • immortaitas jiwa adalah
  • pengertian immoralitas jiwa

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • apa itu immoralitas jiwa
  • doktrin imortalitas jiwa
  • immortaitas jiwa adalah
  • pengertian immoralitas jiwa