Advertisement

1. Sudah pada awal pemikiran Yunani, Anaximandros menganggap sebagai sumber eksistensi to apetron, atau yang tak terbatas. Semua hal menjadi tertentu dari yang tidak tertentu dan merentang tak terbatas tanpa akhir, dan pada akhirnya. melebur sekali lagi ke dalam kekuasaannya. Rupanya Anaximandros sudah menguraikan suatu potensialitas yang tak terbatas, yang ia identikkan dengan ruang dan waktu yang merentang secara tak terhingga.

2. Filsuf-filsuf pra-Sokratik lainnya juga mcngembangkan paham waktu dan ruang yang tak ada akhirnya. Zeno dari Elea menggali atau meneliti paradoks-paradoks seri-seri yang tak terbatas berkenaan dengan besaran dan gerak, yang kecil secara tak terhingga maupun yang besar secara tak berhingga.

Advertisement

3. Plato mengenal dua macam ketakterbatasan. Receptacle (wadah) dalam Timaeus bersifat tak terbatas dalam arti ketakterbatasan potensial dari Anaximandros, yang dapat distrukturir dalam jumlah yang tak terbatas. Forma-forma (ide-ide), di pihak lain, bersama dengan Allah yang Absolut, memiliki ketakterbatasan kelengkapan dan kesempurnaan.

4. Di antara pemikir Yunani, Aristoteles yang memberikan analisis paling berhasil tentang ketakterbatasan. Pusat perhatiannya terletak pada aspek potensial konsep itu. Ketakterbatasan potensial muncul dalam seri bilangan sebagai keterbagian yang tak terhingga, dan sebagai yang tak terbatas dengan penambahan. Ketakterbatasan potensial diterapkan pula pada seri atau rantai sebab-akibat. Dalam semua kasus ini konsep ketakterbatasan merupakan konsep tentang sesuatu yang sesu- dahnya atau belakangnya terdapat suatu yang lain. Waktu, di lain pihak, merupakan suatu rangkaian yang sebenarnya tak terbatas hingga masa sekarang ini, dan bertambah dengan ketakterbatasan potensial. Ketakterbatasan waktu, bersama dengan analisisnya tentang gerak, menyiratkan sesuatu yang mesti tak terbatas, setidaknya dalam beberapa segi aktual: misalnya, kemandirian eternalitas (kekekalan), tak tercampur dengan potensialitas, guna menghasilkan gerakan dunia selama waktu yang tak terbatas.

5. Pada periode antara filsafat Yunani kuno dan Abad Pertengahan, kaum Neoplatonis mengabadikan dua macam ketak-terbatasan dari Plato sebagai dua hal yang bertentangan dalam skema metafisis. Ketakterbatasan positif atau aktual dire- presentasikan oleh Sang Satu atau Allah, dan ketakterbatasan potensial oleh materi.

6. Dalam pemikiran Thomas Aquinas, Allah menggantikan ketakterbatasan positif dan absolut, sedang ketakterbatasan relatif dan potensial termasuk tatanan ciptaan. Dalam analisis Abad Pertengahan, umumnya, semua kesempurnaan, artinya, semua predikat positif, merupakan milik Sang Ada yang tak terbatas secara aktual. Kadang disebut dengan nama samudra Ada yang tak terbatas.

7. Sesudah Abad Pertengahan, dua urutan ketakterbatasan, yang dipisahkan secara begitu cermat, dipadukan. Pada Giordano Bruno dua urutan ketakterbatasan dimengerti sebagai dua cara memandang kenyataan yang sama. Kenyataan ini pada waktu yang bersamaan merupakan alam semesta yang tak- terbatas secara aktual dan Sang Ada Ilahi yang tak terbatas secara aktual. Coiticidentia oppositorum (pertemuan hal-hal yang bertentangan) dari Nicholas dari Cusa mempunyai efek yang sama. Pada keduanya, alam semesta menjadi sesuatu yang tak terbatas dengan segala kepenuhannya.

8. Pada Hobbes yang-terbatas diunggulkan. Sedang ketakterbatasan tidak lain berarti ketidaksanggupan melihat suatu akhir dari semacam seri. Beberapa waktu kemudian baik Locke maupun Berkeley menggunakan analisis yang sama.

9. Descartes mengutarakan, bahwa ide umum kita tentang apa saja adalah ide tentang sesuatu yang tak terbatas; kita tidak menerapkan ide ini pada hal-hal yang terbatas; sebenarnya ide ketakterbatasan mendahului ide keterbatasan.

10. Spinoza mengikuti Bruno dengan menggabungkan dua tatanan ketakterbatasan dalam suatu kerangka umum. Di situ keterbatasan, bagian dan temporalitas (kesementaraan) berkorespodensi dengan keterbatasan, keseluruhan, dan eternitas (kekekalan).

11. Leibniz memaparkan usaha penjelasan realitas dalam kerangka ketakterbatasan positif saja. Allah adalah besar secara tak terbatas dan yang kecil secara tak terbatas berkodrat kualitatif, aspek-aspek kuantitatif dunia berasal dari hubungan-hubungaa monade-monade.

12. Hendaknya diperhatikan bahwa Leibniz dan Newton, dalam mengembangkan kalkulus, menyediakan alat untuk menangani ketakterbatasan potensial dan besaran-besaran yang terbatas melalui konsep-konsep kontinuitas dan limit.

13. Kant mendapati ide ketakterbatasan termuat di dalam antinomi-antinomi yang masyhur, setidaknya dalam antinomi waktu, ruang, dan Allah.

14. Bagi Hegel, sebagaimana Bruno dan Spinoza, yang-terbatas mengacu kepada yang parsial dan yang-tak-terbatas kepada yang keseluruhan; tetapi pada Hegel penekanannya pada proses. Ketakterbatasan sejati adalah sintesis abstrak dan konkret, universal dan partikular, yang terjadi melalui perkembangan dan dengan proses temporal.

15. Ide ketakterbatasan positif, konsepsi yang berbeda dari ketakterbatasan potensial yang sampai sekarang kita lihat dalam kaitan dengan seri, diintrodusir ke dalam matematika oleh Georg Cantor. Dalam definisinya yang positif tentang ketakterbatasan, dikatakan bahwa suatu seri disebut tak terbatas, bila seri itu memuat sebuah bilangan pokok dengan salah satu subserinya. Misalnya, mari kita perhatikan bahwa seri bilangan-bilangan genap sama besar dengan bilangan-bilangan natural. Jika kita mulai menuliskan seri bilangan natural, dan di bawahnya seri bilangan-bilangan genap, maka akan segera jelas bahwa untuk tiap bilangan natural, betapapun juga besarnya, kita menemukan sebuah bilangan genap yang tersedia untuk diletakkan di bawahnya. Cantor juga mendemontrasikan, bahwa terdapat banyak seri bilangan-bilangan transfinit.

16. Royce beranggapan bahwa yang-terbatas, entah dalam seri atau dalam sesuatu, menyiratkan yang-tak-terbatas. Di dalamnya ia menemukan argumen-argumen untuk Allah.

Incoming search terms:

  • receptacle artinya
  • pengertian eternalitas

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • receptacle artinya
  • pengertian eternalitas