Advertisement

1. Aristoteles memakai konsep kebiasaan dalam etikanya untuk menjelaskan bagaimana suatu disposisi (kecondongan) berbuat luhur dikembangkan dari kemampuan semata untuk berbuai demikian. Disposisi untuk berbuat luhur merupakan hasil kebiasaa-kebiasaan luhur, dan kebiasaan macam itu dibangun atas kegiatan luhur. Lingkaran ini rupanya bukan lingkarar setan. Thomas Aquinas mengikuti Aristoteles di sini.

2. Dalam tradisi empiris kebiasaan mendapat fungsi-fungsi lain dalam pembentukan konsepsi-konsepsi. Condillac menempatkar kebiasaan pada dasar semua fungsi intelektual. Dalam analisis Hume, kekuatan kebiasaan lah yang menjelaskan kausalitas dan dengan demikian pembentukan dunia mana pun.

Advertisement

3. Charles Peirce menggeneralisir peranan kebiasaan secara tuntas dengan menemukan salah satu penerapannya dalam kecende rungan alam semesta untuk menjadi teratur.

4. Peranan kebiasaan sudah tentu bersifat dasariah bagi disiplin psikologi. Dengan kebiasaan, terbentuklah sistem-sistem tanggapan terpola dari kehidupan individu, melalui perulangan.

Incoming search terms:

  • definisi kebiasaan
  • konsep kebiasaan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • definisi kebiasaan
  • konsep kebiasaan