Advertisement

Kehendak Bebas

1. Kehendak bebas adalah daya makhluk rohani untuk menentukan dirinya berkenaan dengan nilai-nilai yang diketahui, yan8 terbatas (artinya sebelumnya tidak ditentukan nilai mana yang diambil).

Advertisement

2. Kehendak bebas adalah kekuatan makhluk rohani untuk memiiih atau tidak memiJih kebaikan yang terbatas yang diketahui terbatas. Karena itu, baru ada pertanyaan mengenai kehendak bebas manakala sebuah nilai dipandang real, tetapi terbatas dan karenanya tidak memiliki semua kesempurnaan. Kalau sesuatu tampak sebagai nilai mutlak dan karenanya tidak terikat pada ketidaksempurnaan, kehendak mutlak harus mengafirmasikan dan mencari kebaikan ini. Ini bukan soal paksaan, melainkan reaksi alami roh terbatas terhadap kebaikan itu.

3. Kehendak bebas tidak berarti suatu kesanggupan bagi kehendak yang tidak mempunyai sebab atau tidak mempunyai motif, bagaimana banyak penentang kehendak bebas (kaum determine’ berkali-kali menegaskan tanpa sungguh-sungguh mengerti ajaran tentang kebebasan. Sesuatu yang disebut kehendak bebas tanpa motif itu tidak ada. Juga kehendak bebas tidak befartl bahwa kehendak itu tidak dapat dipengaruhi kuat dan ditarik oleh motif-motif, atau tidak berarti bahwa kehendak sania sekali tidak memperdulikan atau acuh tak acuh terhadap motif- motif.

4. Kehendak bebas tidak berarti bahwa manusia dalam situasi— situasi konkret selalu berkehendak bebas, karena kegiatan sehari-hari dijalankan tanpa memperhitungkan motif- motif yang terkandung.

5. Karena pertimbangan intelektual yang diperlukan untuk pilihan bebas dapat dibatasi oleh nafsu atau keadaan patologis seperti kompulsi-kompulsi dan sebagainya, dalam hal-hal semacam inl kita dapat berbicara secara sah mengenai kebebasan dan putabilitas yang berkurang. Dan kebebasan lazimnya tidak dihapuskan seluruhnya kecuali barangkali dalam hal sakit mental yang parah.

Incoming search terms:

  • definisi kehendak

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • definisi kehendak