Advertisement

1. Dalam doktrin Plato dan Aristoteles tentang tiga bagian jiwa, kehendak terletak antara rasio dan nafsu-nafsu. Bagi keduanya, kehendak lebih dekat dengan yang pertama daripada yang terakhir. Rasiolah yang berfungsi mengontrol kehendak. Manusia berkewajiban membangun kebiasaan-kebiasaan yang baik yang memungkinkan kontrol macam ini.

2. Aquinas mengikuti garis yang sama. Kehendak didefinisikan sebagai appetttus intellectuals (nafsu intelektual), yang dipengaruhi dan mempengaruhi rasio.

Advertisement

3. Bagi Hobbes kehendak identik dengan nafsu-nafsu. Malahan Hobbes menganggap kehendak sebagai mata rantai terakhir dari rangkaian nafsu-nafsu yang menuju tindakan.

4. Descartes memandang tenaga kehendak sebagai hampir tak terbatas dibandingkan dengan keterbatasan yang mesti dilalui rasio. Bagi Descartes kekuatan kehendaklah yang memungkinkan kebebasan manusia. Kecondongan untuk melihat kehendak sebagai suatu entitas mungkin telah menimbulkan pandangan tentang kehendak sebagai sebuah fakultas (kemampuan, ciri).

5. Berbeda dengan Descartes, Spinoza mengidentikkan kehendak dengan conatus, usaha mempertahankan keberadaan yang meru-pakan ciri khas semua hal. Sebenarnya ini membuat kehendak dalam kehendak-kehendak perorangan menjadi plural. Di samping itu, karena bagi Spinoza kehendak-kehendak hanyalah afirmasi atau negasi ide-ide semata, keduanya (kehendak dan ide) berkaitan erat sekali dan hampir identik.

6. Kant juga hampir menyamakan kehendak dan rasio. Menurutnya, fakultas kehendak dapat bekerja tanpa memperhitungkan keinginan dan kecenderungan, dan penencu kegiatan kegiatan kehendak adalah rasio praktis sendiri.

7. Freud kembali kepada sesuatu yang mirip dengan pembagia jiwa atas tiga bagian pada pemikir Yunani, dengan menemuka unsur-unsurnya sebagai Id, Ego, dan Super-Ego. Secara kasa Ego, yang menjadi perartara antara hambatan-hambatan Supei Ego dan nafsu-nafsu Id, mewakili fungsi kehendak.

Incoming search terms:

  • kehendak adalah
  • arti kehendak dan kebiasaan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar,

Incoming search terms:

  • kehendak adalah
  • arti kehendak dan kebiasaan