Advertisement

1. Para filsuf pra-Sokratik pada awalnya menaruh perhatian pada penemuan suatu faktor terakhir yang kiranya dapat menjelaskan perubahan dan transformasi hal-hal. Plato memahami kodrat sebagai dunia perubahan, yang diciptakan menurut pola yang abadi. Tetapi dalam arti yang kedua, kodrat benda mengacu kepada ide pengasalnya, yaitiJ forma yang direpresentasikannya.

3. Aristoteles mengedepankan bahwa kodrat mempunyai karaktenstik sebagai berikut: tidak dijadikan (bukan barang buatan) tidak kekal atau dapat berubah; mengandung materi atau potensi; mempunyai prinsip gerakan imanen; mempunyai forma (ide) atau esensi. Menarik bahwa daftar ini mcmungkinkan kita berbicara tentang kodrat dalam konteks Plato sebagiti alam perubahan, dan kodrat suatu lial dalam kerangka esensi atau definisinya.

Advertisement

4. Filsatat Stoa memperluas konsep kodrat sedemikian sehingga manusia, hal-hal yang terbatas, dan Allah dilihat sebagai bagian-bagian dari suatu sistem tunggaJ. Kodrat adalah sistem yang sempurna, dan tak ada yang melebihi kodrat.

5. Erigena membagi kodrat ke dalam bagian-bagian kreatif dari terkreatif. Kodrat datang dari Allah sebagai pencipta dan kembali kepada Allah sebagai tujuan akhir.

6. Konsep kodrat dianut secara paling luas pada Abad Pertengahan yang berawal dari Aristoteles. Tersirat dalam Aristoteles pembedaan Abad Pertengahan antara entia naturae (hal-hal kodrat) dan entia rationis (hal-hal akal), yaitu apa yang bereksistensi dalam pikiran. Terdapat suatu pcnekanan, sepefti pada Aquinas, pada pembctlaan ant.ua yang kodrati dm yang adikodrari. Dalam konsepsi ini kodrat merupakan golongan sebab-sebab sckunder, yang diciptakan oleh sebib pertama. Mukjizat-mukjizat adalah mungkin, karena mengarasi daya kodrat tidak lain berarti tindakan dalam kerangka bab pertama dan bukan sebab sekunder

7. William Ockham beranggapan bahwa tatanan kodrat seorang radikal tergantung pada kehendak Allah.

8. Descartes memakai istilah kodrat dalam beberapa arti. ide- ide yang jelas dan terpilah-pilah, yang tak terbagi lebih lanjut, dia namakan ‘simple natures” (kodrat sederhana). Ide-ide yang demikian memegang peranan utama dalam penelir.jn. Tersirat pula pada Descartes panclangan bahwa kodrat hirus dimengerti sebagai sekumpulan benda dengan keluasan yang dapat digolongkan secara matematis. Baik jiwa-jiwa yang terbatas maupun Allah, karenanya, sebenarnya di luar kodrat.

9. Spinoza mengikuti kelompok Stoa dalam memandang kodrat sebagai suatu sistem yang meliputi baik manusia maupun Allah. Sistem yang lengkap ini tak terbatas dan mungkin dapat dinamakan sebagai “Allah atau Kodrat” (Deu.i site Natura). Dua aspek itu termuat di dalam pembedaannya antara Natura naturans (Allah) dan Natura naturata (dunia ciptaan).

10. Dalam semua pandangan di atas, kecuali pada Ockham, kodrat mempunyai sifat kemandirian. Bagi sang Idealis Berkeley, kodrat tidak lebih dari sekadar seri ide-ide yang dicapkan pada pikiran kita oleh Allah.

1 1. Hume melihat kodrat sebagai sesuatu yang terletak di luar pikiran kita, yang mendukung fakta yang kita ketahui. Pengalaman kita menunjang ide bahwa kodrat bersitat teratur dan karenanya mempunyai hukum-hukum. Maka itu, mukjizat-mukjizat, sebagai pelanggaran hukum-hukum kodrat (alam), adalah tidak mungkin.

12. Kant membatasi kodrat pada dunia fenomenal. Kodrat adalah tatanan keniscayaan sebab-akibat, dan kausalitas, menurutnya, bersifat fenomenal. Kehidupan manusia, di lain sisi, berakar dalam tatanan supersensibel atau noumenal.

13. Akhirnya, kodrat digunakan dalam ungkapan “keadaan kodrat” (state of nature) untuk menunjuk kepada hubungan-hubungan antar manusia yang terlepas dari kondisi-kondisi organisasi sosial resmi.

Incoming search terms:

  • konsep kodrat
  • pengertian kodrat secara umum
  • apa itu keadaan kodrat
  • arti kata kodrat secarra umum
  • definisi qodrat
  • makna kodrat secara general
  • pengertian kodrat lebih detail

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • konsep kodrat
  • pengertian kodrat secara umum
  • apa itu keadaan kodrat
  • arti kata kodrat secarra umum
  • definisi qodrat
  • makna kodrat secara general
  • pengertian kodrat lebih detail