Advertisement

1. Wolff merintis pemakaian filosofis istilah ini. Ia mendefinisikannya sebagai ilmu tentang dunia atau alam semesta pada umumnya, sebagai berbeda dari ontologi, teologi atau psikologi.

2. Pemikiran skolastik sejak abad ke-18 dan seterusnya menerima penggunaan Wolff. Kosmologi dipandang sebagi metafisika khusus bersama dengan psikologi dan teologi natural.

Advertisement

3. Hegel memasukkan dalam studi kosmologi kontingensi keniscayaan eternitas (kekekalan), keterbatasan, dan hukum-hukum formal dunia, maupun juga pertanyaan-pertanyaan tentang kebebasan dan asal muasal kejahatan.

4. A.Ei. Taylor memasukkan dalam kosmologi analisis semua konsep umum seperti gerak, pembahan, kualitas, dan seterusnya, yang dapat digunakan dalam menjelaskan susunan dunia.

5. Whitehead, dalam menamakan karyanya Process and Reality suatu esai kosmologi, rupa-rupanya mengidentikkan kosmologi dengan metafisika. Tujuan buku ini ialah membangun suatu skema ide yang begitu umum yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan setiap unsur dari pengalaman kita.

6. Pada wakcu belakangan ini dengan kemunduran relatif filsafat spekulatif, para kosmolog condong menjadi ilmuwan astronom, fisikawan teoretis, dan metematikawan, seperti Bondi, Gold, Hoyle, dan Gamow yang berspekulasi tentang asal dan perkembangan alam semesta maupun juga strukturnya se- karang ini, dan karenanya saling bertemu dengan bidang kosmogoni kuno.

Incoming search terms:

  • Definisi dari kosmologi psikologi dan teologi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Definisi dari kosmologi psikologi dan teologi