Advertisement

Dari arti praktisnya yang asali telah berkembang sejumlah penafsiran yang berbeda-beda.

1. Protagoras konon beranggapan bahwa materi adalah jumlah data inderawi kepada tiap dan semua pengamat.

Advertisement

2. Pada Plato materi disamakan dengan wadah ruang-waktu yang menerima forma-forma (ide-ide) kekal, dan kombinasi keduanya merupakan hal yang menempati ruang-waktu.

3. Aristoteles menampilkan analisis di mana materi yang berforma melahirkan substansi-substansi yang kelihatan. Sementara itu Materi Pertama merupakan prinsip indeterminasi, yang menantikan determinasi, atau suatu potensialitas pasif yang sanggup menjadi semua hal. Materi juga merupakan prinsip individuasi.

4. Nagarjuna, seorang Budhis, yang muncul belakangan, menganjurkan ketidaknyataan materi.

5. Plotinos menganggap materi sebagai emanasi terakhir dalam seri-seri dari Yang Satu, dan yang mendekati bukan-ada.

6. Avicebron mendahului baik Aquinas maupun Duns Scotus dalam beranggapan bahwa materi, sebagai prinsip potensialitas, tak dapat berfungsi sebagai prinsip individuasi.

7. Averroes menganjurkan kekekalan materi, kendati ia menganggapnya sebagai ciptaan Allah.

8. Kendati kaum Skolastik mengikuti Aristoteles secara garis besar, teori komposisi ganda merupakan ciri khas, sebagaimana paham materi tertentu, yang memiliki tiga dimensi. Dan pada Aquinas dijelaskan bahwa materi pertama berada pada ujung lebih rendah skala yang-ada, sedangkan forma murni, yaitu Allah, berada pada ujung lebih tinggi skala ini.

9. Duns Scotus, yang mengemukakan bahwa materi pertama tidak dapat menjelaskan individuasi, memerlukan prinsip haeccettas atau “ke-ini-an” untuk melakukan fungsi ini (menjelaskan individuasi).

10. William dari Ockham mendahului konsepsi materi modern. Ia mendefinisikan materi .sebagai benda/raga yang memiliki bagian-bagian yang dapat dibedakan dalam kerangka ruang.

11. Paracelsus berbicara tencang ultimate mutter (materi terakhir) yang rupanya minp dengan yang tak terbatas dari Anaximamdros Selain iru terdapai materi petunia yang dibicarakan olch Aristoteles, yang mempunyai potensialitas (kemungkinan) untuk mcnjadi semua hal.

12. Ajaran modern tcntang materi selwgai berkeluasan dan sesuatu yang tcramati pada dasarnyu sudah diperkenalkan dalam tulisan-tulisan Telesio.

13. Descartes mcnciun.i penafsiran baru, yang mengidentikkan materi dengan externa, atau lial yang berkeluasan.

14. leibniz mengidentikkan lial individual dengan gaya dan bukan dengan keluasan, yang pada kenyataannya menuntut materi ruang waktu yang sifatnya turunan dan bukan yang penama dalain realitasnya.

15. Moyle mengangkat Teori Materi Korpuskular, dengan mengembangkan operasi-operasi sistem dalam kerangka prinsip-prinsip rnekanis.

 

Incoming search terms:

  • definisi materi
  • apa definisi materi
  • Devinisi materi
  • materi definisi
  • pengertian definisi materi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • definisi materi
  • apa definisi materi
  • Devinisi materi
  • materi definisi
  • pengertian definisi materi