Advertisement

PROSES atribusi mengerahkan influence kuat pada penerimaan subjektif dari produk – apakah asli kreasi dievaluasi positif atau negatif , dan bagaimana hal itu dijelaskan . Artikel ini menyajikan gambaran pengaruh atribusi pada penerimaan subjektif dari produk-produk asli , berfokus pada bagaimana evaluasi dan kausal atribusi produk asli dipengaruhi oleh covariation , arti-penting persepsi , melayani diri sendiri prasangka , bias harapan status, in- group bias, dan kemalasan sosial . Sepanjang sejarah , kreativitas telah dikaitkan terutama untuk jiwa , gen , otak , ciri kepribadian , nilai-nilai , gaya kognitif , kemampuan khusus , dan disposisi yang stabil lainnya dari ” orang-orang kreatif ” dan ” jenius . ” Relatif jarang memiliki kreativitas telah dikaitkan dengan penyebab situasional . Kecenderungan untuk atribut kinerja kreatif untuk penyebab disposisional telah ditandai tidak hanya orang awam , tetapi para ilmuwan juga. Secara tradisional , penelitian kreativitas telah dilakukan terutama bukan oleh sosiolog , ekonom , antropolog , psikolog sosial , psikolog atau lingkungan , tetapi oleh psikolog kepribadian dan psikolog kognitif yang mencari atribut khas ” orang-orang kreatif ” dan ” pemikiran kreatif . ” ‘ Kreativitas dipelajari dalam semacam vakum intelektual , hampir total mengabaikan konteks sosial dan lingkungan .

Baru-baru ini , berbeda dengan fokus disposisi berorientasi penelitian kreativitas tradisional , peneliti telah mulai meneliti pengaruh kontekstual pada kreativitas . Peneliti ini , mengambil apa yang mungkin disebut perspektif sosial-ekologis , telah memperluas fokus mereka untuk tidak hanya mencakup produk kreatif dan pencipta tetapi juga unsur-unsur tertentu dari konteks situasional yang mempengaruhi kemungkinan dan tingkat kreativitas . Sebagai contoh, Dean Keith Simonton telah menunjukkan bahwa kreativitas dipengaruhi oleh tingkat makro dan fenomena temporal distal seperti politik fragmentasi dan ketidakstabilan , gangguan sipil , marginalitas geografis , dan ketersediaan eksemplar atau model-model generasi sebelumnya , dan Teresa Amabile memiliki menunjukkan bahwa kinerja kreatif dipengaruhi oleh variabel situasional proksimat seperti evaluasi sosial , pengawasan , kendala tugas , dan elemen lain dari lingkungan kerja . Peneliti lain telah menunjukkan bahwa penciptaan produk-produk asli mungkin dipengaruhi oleh variabel seperti distal dan ambient sebagai struktur organisasi , kelas sosial , dan pekerjaan . Pendekatan atribusi kreativitas berfokus pada aspek lain fundamental dari ekologi sosial kreativitas : penerimaan sosial produk asli . Kreativitas peneliti telah menetapkan produk kreatif sebagai produk yang memenuhi dua kriteria dasar : ( 1 ) produk kreatif harus menjadi luar biasa asli, langka , baru , dan secara statistik jarang , dan ( 2 ) itu harus disetujui , diterima , dihargai , dan dianggap . ” tepat ” atau ” baik ” dengan definisi ini , kreativitas bukan merupakan tujuan murni , tetap properti yang melekat dalam produk kreatif , melainkan sebagian melibatkan penilaian subjektif yang diberikan pada produk asli . Kriteria pertama , yang bisa disebut persyaratan orisinalitas , adalah tujuan , kriteria kedua , persyaratan evaluasi , adalah subyektif . Elemen penting lainnya dari penerimaan subjektif dari produk asli adalah bahwa dari atribusi kausal , yang mempengaruhi baik produksi dan evaluasi produk asli, serta penilaian pencipta . [ Lihat PRODUK KREATIF ; DEFINISI KREATIVITAS . ]

Advertisement

Dengan berfokus pada penerimaan produk asli, pendekatan atribusi menyediakan kerangka kerja teoritis untuk memahami dimensi dasar kreativitas yang berada di luar lingkup pendekatan disposisional dan pendekatan sosial – ekologi lain untuk kreativitas . Sebagai contoh, para peneliti kreativitas berorientasi dispositionally umumnya dianggap variasi dalam evaluasi produk-produk asli bukan sebagai sesuatu yang harus dijelaskan , tetapi sebagai sesuatu yang sistematis diabaikan . Untuk tujuan ini , para peneliti telah mengembangkan socalled ” Tujuan tes kreativitas ” yang keandalan interrater hampir sempurna dan telah menggunakan ” buta ” hakim untuk mengevaluasi kreasi dalam ketidaktahuan lomba pencipta , daya tarik fisik , kebangsaan , dan lain ” tidak relevan ” informasi yang mungkin berpengaruh secara signifikan terhadap evaluasi . Meskipun pendekatan ini memiliki manfaat penting, pengupasan laboratorium pengaruh kuat seperti , mengurangi validitas ekologi , artifisial mengembang kehandalan , sistematis mengaburkan dimensi subjektif dari kreativitas , dan menghadap beberapa faktor penentu sosial yang paling kuat dari kreativitas dalam dunia nyata . Pendekatan atribusi , sebaliknya , menganggap evaluasi dan atribusi kausal produk asli sebagai variabel dependen – sebagai fenomena yang harus dipahami di kanan mereka sendiri . Dengan demikian , strategi metodologis yang khas adalah untuk menahan konstan penciptaan dan sistematis bervariasi faktor-faktor luar seperti status diduga pencipta atau keanggotaan diduga pencipta di dalam kelompok dibandingkan kelompok out- hakim . Dengan demikian memungkinkan untuk eksperimental menemukan bagaimana penerimaan produk asli dibangun secara sosial .

Pandangan yang muncul dari penelitian ini adalah bahwa baik produk asli maupun evaluasi produk yang muncul dalam ruang hampa sosial atau lingkungan . Sebaliknya , setiap tindakan asli, dan setiap evaluasi tindakan itu, yang erat tertanam dalam bidang berselaput pengaruh sosial dan lingkungan yang kompleks . Ironisnya , pendekatan atribusi sendiri memberikan penjelasan sosial-ekologis mengapa pendekatan atribusi dan pengaruh sosial – ekologi lainnya telah begitu lama diabaikan .

Incoming search terms:

  • pengertian disposisional
  • ekologi sosial
  • apa yang dimaksud dengan ekologi sosial
  • penelitian ekologi sosial
  • produk Kreatif sosial
  • yang dimaksud dengan ekologi sosial dan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian disposisional
  • ekologi sosial
  • apa yang dimaksud dengan ekologi sosial
  • penelitian ekologi sosial
  • produk Kreatif sosial
  • yang dimaksud dengan ekologi sosial dan