Advertisement

Persepsi umum terhadap humaniora di masa lampau sangat negatif. Tetapi akhir-akhir ini mulai ramai dibicarakan kedudukan serta peranannya, terutama sebagai manifestasi timbulnya kesadaran di kalangan kaum cendekiawan maupun negarawan, bahwa pemb£ngunan nasionai pada hakikatnya adalah pembangunan manusia Indonesia sendiri.

Kenyataan itu akan lebih menonjol kalau proses pembangunan ditinjau dalam rangka pembangunan nasionai (nation building), yaitu totalitas proses merealisasikan kehidupan bangsa Indonesia yang merdeka dan berdaulat sesuai dengan UUD 1945. Dipandang dalam rangka luas itu, tampak jelaslah bahwa proses industrialisasi beserta teknologi canggihnya hanyalah merupakan prasarana untuk meningkatkan taraf kehidupan manusia Indonesia serta kualitasnya.

Advertisement

Meskipun dalam proses industrialisasi itu teknokrasi tetap berperan pokok, sering tidak diindahkan bahwa agar proses itu dapat berjalan lancar, perlu diciptakan kondisi-kondisi sosial budaya yang mutlak diperlukan. Dengan perkataan lain, perlu dibentuk suatu kebudayaan teknologi yang mencakup keseluruhan pola hidup beserta etosnya sesuai dengan sistem industrial.

Lagi pula, sebagai dampak dari proses pembangunan sendiri, masyarakat mengalami peningkatan dinamikanya dengan segala gejala yang menyertainya, seperti mobilitas penduduk bersama dengan komunikasi modern, membanjirnya komoditi sebagai hasil teknologi mutakhir, meningkatnya pelayanan, dan lain sebagainya. Kesemuanya itu mau tak mau menimbulkan perubahan lingkungan hidup sosial-budaya serta pola dan nilai-nilai hidup yang mendasarinya. Orde sosial tradisional dengan gaya hidup dan tata susilanya mengalami keguncangan. Kehidupan individu sering kehilangan orientasi, bahkan terasa adanya krisis identitas di manamana. Agar keamanan sosial dapat dipulihkan, dilakukanlah usaha mencari identitas baru.

Incoming search terms:

  • fungsi humaniora

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • fungsi humaniora