Advertisement

Dalam suatu aristokrasi, kekuasaan tertinggi ada di tangan sejumlah orang tertentu. Mereka dilimpahi dengan wewenang legislatif maupun eksekutif; dan hubungan rakyat Iainnya dengan mereka sama dengan hubungan antara warga kerajaan dengan penguasa mereka.
Aristokrasi yang terbaik ialah aristokrasi yang di dalamnya orang-orang yang tidak berperan dalam pembuatan undang-undang hanya sedikit sekali jumlahnya serta tidak perlu dihiraukan sehingga golongan yang memerintah tidak berminat menekan mereka. Demikianlah, pada waktu Anti-pater membuat undang-undang di Athena—bahwa siapa pun yang tidak memiliki uang sejumlah dua ribu drahma tidak boleh diberi kuasa untuk memberikan suara—dengan cara ini ia membentuk aristokrasi yang terbaik; karena jumlah uang ini sedemikian kecil untuk mengecualikan sekelompok orang yang sangat kecil jumlahnya, atau untuk mengecualikan orang dari status sosial apa pun yang perlu dipertimbangkan di kota itu.
Oleh karena itu, keluarga-keluarga Aristokrasi sedapat mungkin menyesuaikan penampilan mereka setingkat dengan rakyat. Makin dekat suatu pemerintahan aristokrasi dengan demokrasi, makin dekat pula pemerintahan aristokrasi itu pada kesempurnaan; demikian pula makin condong pemerintahan itu pada monarki, pemerintahan itu makin tidak sempurna.

Incoming search terms:

  • Penjelasan tentang tukang tenung

Advertisement
Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Penjelasan tentang tukang tenung