Advertisement

Jenis ikan yang kedua sirip pung-gungnya berwarna putih kecokelatan dengan tepi keputihan. Warna tubuh sebelah atasnya kehijauan atau biru keabuan, sedang bagian bawah putih keperakan. Pada ikan muda terdapat 4—7 garis lebar melintang.
Badan ikan ini memanjang, pipih, dan sedikit oval. Sirip punggung pertama berjari-jari keras sembilan buah (sirip pertama yang terdepan kecil dan mengarah ke depan). Sirip punggung kedua mempunyai satu jari- jari keras sebuah dan 18—21 jari-jari lemah. Sirip / dubur terdiri atas dua jari-jari keras (lepas), diikuti satu jari-jari keras dan 14—16 jari-jari lemah. Bagian depan garis rusuk melengkung, bagian belakang lurus.

Cipa putihan tergolong ikan pemangsa. Makanannya ikan kecil dan Crustacea. Ikan ini hidup dalam kelompok kecil, di perairan dangkal, yaitu di daerah karang. Panjang tubuhnya dapat mencapai 75 sentimeter, umumnya 50 sentimeter.
Penyebaran ikan ini meliputi sepanjang pantai dangkal di perairan Indonesia, Teluk Benggala, Teluk Thailand, sepanjang pantai Laut Cina Selatan, dari Filipina. Cipa ditangkap dengan pancing, bubu, jaring klotok, muroami, dan jaring insang. Ikan ini dipasarkan dalam bentuk segar dan asin kering. Harganya agak mahal.

Advertisement

Incoming search terms:

  • ikan cipa

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • ikan cipa