Advertisement

Merkuri digunakan dalam berbagai bentuk dan untuk berbagai keperluan, misalnya industri khlor-alkali, alat-alat listrik, cat, instrumen, sebagai katalis, kedokteran gigi, pertanian, alat-alat laboratorium, obat-obatan, industri kertas, amalgam, dan sebagainya. Penggunaan merkuri yang terbesar adalah dalam industri khlor-alkali, di mana diproduksi khlorin (Cl2) dan soda kaustik (NaOH) dengan cara elektrolisis larutan garam NaCl. Kedua bahan kimia tersebut sangat banyak kegunaannya, oleh karena itu diproduksi dalam jumlah tinggi setiap tahun. Fungsi merkuri dalam proses ini adalah sebagai katode dari sel elektrolisis. Merkuri dalam bentuk film bergerak membentuk amalgam dengan natrium yang dilepaskan dari larutan garam pada katode selama elektrolisis. Amalgam kemudian dipisahkan dari sel elektrolisis dan bereaksi dengan air membentuk larutan NaOH, dan merkuri yang dilepaskan dapat digunakan kembali untuk produksi berikutnya. Kegunaan merkuri dalam proses ini adalah didasarkan pada sifatnya yang berbentuk cair, konduktivitas listriknya, dan kemampuannya untuk membentuk amalgam dengan logam natrium.

Kegunaan kedua yang terbesar dari merkuri adalah dalam produksi alat-alat listrik untuk berbagai keperluan. Sebagai contoh misalnya lampu uap merkuri yang banyak digunakan untuk penerangan jalan-jalan dan pabrik karena mem puny ai biaya instalasi dan operasi yang lebih rendah daripada lampu pijar, dan dapat dioperasikan pada volta.se tinggi. Penggunaan lainnya misalnya dalam baterei merkuri yang mempunyai umur relatif panjang dan dapat digunakan pada kondisi suhu dan kelembaban yang tinggi.

Advertisement

Penggunaan merkuri dan komponen-komponennya sebagai fungisida merupakan kegunaan ketiga terbesar dari merkuri. Dalam hal ini merkuri digunakan untuk membunuh jamur di dalam cat, pulp, kertas dan industri-industri pertanian. Komponen merkuri sering ditambahkan ke dalam cat yang akan digunakan di daerah-daerah lembab sebagai pengawet lateks dan mencegah lapuk. Cat yang digunakan untuk kapal-kapal sering ditambahkan merkuri okside (HgO) sebagai anti jamur atau fenil merkuri asetat sebagai anti lapuk.

Fenil merkuri asetat (FMA) merupakan komponen organomerkuri yang terpenting secara komersial.

Industri-industri pulp dan kertas juga menggunakan FMA untuk mencegah pembentukan lendir pada pulp kertas yang masih basah selama pengolahan dan penyimpanan. Komponen-komponen organomerkuri lainnya juga digunakan dalam jumlah lebih rendah untuk maksud yang sama. Tetapi penggunaan organomerkuri untuk keperluan tersebut telah dilarang oleh FDA (Food and Drug Administration) sejak 1970 karena penggunaan merkuri di dalam kertas kemungkinan dapat mengkontaminasi makanan yang dibungkus dengan kertas tersebut.

Industri-industri pertanian menggunakan komponen-komponen organomerkuri sebagai pelapis benih untuk mencegah pertumbuhan kapang. Beberapa contoh organomerkuri yang digunakan adalah sebagai berikut:

CH3 Hg C = N

Kasus keracunan merkuri yang terbesar yang terjadi di Teluk Minamata, Jepang, dalam tahun 1953-1960 disebabkan oleh buangan merkuri dari pabrik vinil khloride. Logam merkuri juga digunakan di dalam termometer dan alat-alat pencatat suhu karena bentuknya yang cair pada kisaran suhu yang lebar, sifatnya uniform, koefisien pengembangan panasnya besar, dan konduktivitas listriknya besar. Pencemaran Merkuri di dalam Air dan Lingkungan Penggunaan merkuri di dalam industri-industri sering menyebabkan pencemaran lingkungan, baik melalui air buangan maupun melalui sistem ventilasi udara. Merkuri yang terbuang ke sungai, pantai atau badan air di sekitar industri-industri tersebut kemudian dapat mengkontaminasi ikan-ikan dan makhluk air lainnya termasuk ganggang dan tanaman air. Selanjutnya ikan-ikan kecil dan makhluk air lainnya mungkin akan dimakan oleh ikan-ikan atau hewan air lainnya yang lebih besar atau masuk ke dalam tubuh melalui insang. Kerang juga dapat mengumpulkan merkuri di dalam rumahnya. Ikan-ikan dan hewan tersebut kemudian dikonsumsi oleh manusia sehingga manusia dapat mengumpulkan merkuri di dalam tubuhnya. Penggunaan merkuri di bidang pertaman sebagai pelapis benih dapat mencemari tanah-tanah pertanian yang berakibat pencemaran terhadap hasil-hasil pertanian, terutama sayur-sayuran. FDA menetapkan batasan kandungan merkuri maksimum adalah 0.005 ppm untuk air dan 0.5 ppra untuk makanan, sedangkan WHO (World Health Organization) menetapkan batasan maksimum yang lebih rendah yaitu 0.0001 ppm untuk air.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa semua ikan yang tidak terkontaminasi iangsung dengan merkuri selama pertumbuhannya masih mengandung merkuri di dalam tubuhnya pada konsentrasi yang rendah, yaitu 0.005 0.075 ppm. Penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa pengumpulan merkuri di dalarn tubuh ikan bervariasi tergantung dari kondisi dan bagian organ tubuh. Suatu penelitian yang dilakukan dalam tahun 1969 terhadap ikan yang ditumbuhkan di dalam air yang mengandung merkuri dengan konsentrasi di bavvah batas yang mematikan, di mana ikan ditempatkan di dalam air tersebut selama satu jam per hari dalam 10 hari, menunjukkan bahwa pengumpulan merkuri tertinggi terdapat di dalam darah, kemudian di dalam ginjal, hati, otak, dan yangterendah terdapat di dalam otot. Sisa ikan kemudian dibiarkan di dalam air yang bebas merkuri, ternyata setelah 45

minggu, organ-organ tubuh ikan tersebut telah bebas dari merkuri kecuali ginjal dan hati yang masih mengandung merkuri. Dari penelitian-penelitian pencemaran merkuri pada ikan juga dibuktikan bahwa merkuri yang terkumpul di dalam tenunan hidup adalah dalam bentuk merkuri organik, terutama metil merkuri. Gambar 6.1 menunjukkan diagram aliran merkuri di biosfer.

Incoming search terms:

  • manfaat merkuri
  • fungsi merkuri
  • kegunaan merkuri
  • penggunaan merkuri
  • fungsi dari merkuri
  • penggunaan dan fungsi merkuri
  • manfaat mercury
  • fungsi merkury
  • pemerian fenil merkuri asetat
  • manfaat mercuri

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • manfaat merkuri
  • fungsi merkuri
  • kegunaan merkuri
  • penggunaan merkuri
  • fungsi dari merkuri
  • penggunaan dan fungsi merkuri
  • manfaat mercury
  • fungsi merkury
  • pemerian fenil merkuri asetat
  • manfaat mercuri