KEMBANGKAN RASA TANGGUNG JAWAB DI KALANGAN BAWAHAN

52 views
  1. Penyampaian kekuasaan yang disertai dengan pertanggungjawaban mengembangkan rasa kepercayaan bersama dan rasa hormat di antara bawahan dengan atasan. Hal itu juga mendorong bawahan untuk mencoba berinisiatif dan memberikan kerja sama sepenuh hati. Pemimpin yang menyampaikan kekuasaan yang pantas, menunjukkan kesetiaan pada bawahan akan menaikkan keinginan mereka untuk menerima tanggung jawab yang lebih berat. Kegagalan untuk menyampaikan kekuasaan yang diperlukan merupakan kepemimpinan yang buruk.
  2. Teknik-teknik penggunaan:
  3. Bergeraklah melalui garis komando.
  4. Beri tahukan pada bawahan apa yang harus dikerjakan, bukan bagaimana harus mengerjakan. Berikan pada mereka tanggung jawab hasil. Memberi kuasa dan awasi, tetapi jangan ingin campur, kecuali bila diperlukan.
  5. Sediakan sebanyak mungkin bagi anak buah, kesempatan yang sering untuk melaksanakan tugas-tugas pada tingkat berikutnya yang lebih tinggi.
  6. Cepatlah mengenali pelaksanaan-pelaksanaan anak buah kalau mereka memperlihatkan inisiatif dan penguasaan tugas.
  7. Koreksi kesalahan-kesalahan dengan mempergunakan penilaian dan inisiatif dengan cara tertentu untuk mendorong perseorangan. Hindari kritik secara umum dan juga pengutukan. Berikanlah pujian terbuka yang menjadi haknya dengan cara bebas.
  8. Berikanlah bantuan dan nasihat secara cuma-cuma bila diminta oleh mereka yang di bawah komando anda.
  9. Jaminlah bahwa personel anda diberi tugas yang sesuai dengan kemampuan yang ditunjukkannya.
  10. Segeralah dan dengan sportif melindungi bawahan anda sampai b.atas. Milikilah kepercayaan pada bawahan sampai ada keyakinan yang lain.
  11. Tunjukkanlah kesediaan untuk menerima tanggung jawab, dan tekankan bahwa komandan-komandan bawahan hidup dengan standar yang sama.

Incoming search terms:

  • ############################

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *