KENALI ANAK BUAH DAN PELIHARA KESEJAHTERAAN MEREKA

51 views
  1. Anda akan memiliki pengertian yang lebih baik bagaimana anak buah anda bereaksi dan berfungsi di bawah keadaan yang berbeda- beda kalau anda melakukan usaha yang sungguh-sungguh untuk mengawasi mereka, mengenali mereka secara pribadi, dan mengenali perbedaan-perbedaan perseorangan. Pahami dan penuhi kebutuhan anak buah. Hal ini akan membantu anda dalam mendapatkan rasa tunduk dengan suka rela, kepercayaan, rasa hormat, dan kerja sama yang setia.
  2. Keinginan anak buah untuk terpuaskan kebutuhannya yang tertentu menjadi dasar dari kelakuan mereka. Apakah mereka menempatkan bantuan mereka sebaik mungkin dalam mengerjakan tugas tergantung pada tingkat kepuasan mereka pada kebutuhan-kebutuhan ini.

Dengan mengenali anak buah dan memberikan sepenuhnya kebutuhan-kebutuhan fisik mereka sambil membantu mereka memuaskan kebutuhan belajar dan kejiwaan, anda akan meningkatkan produktivitas dari perseorangan di dalam kelompok dan memajukan efisiensi unit. Kalau anak buah mengerti bahwa anda memperhatikan kesejahteraan mereka, mereka akan mempunyai sikap yang lebih baik kepada angkatan darat dan kehidupan militer.

Teknik-teknik penggunaan:

  1. Perhatikan anggota-anggota dari komando anda dan biarkan mereka memperhatikan anda, bersahabatlah dan hargailah.
  2. Kembangkan pengenalan yang dekat/intim dan pengertian kepada bawahan melalui hubungan pribadi dan catatan-catatan yang ada. Dalam komando yang kecil sangat penting bagi komandan tidak hanya tahu dan memanggil mereka dengan namanya, tetapi ia juga mengenali karakteristik mereka.
  3. Perhatikan keadaan kehidupan anggota-anggota dari komando anda termasuk sekelillingnya, makanan, pakaian, dan peng-inapan/perumahan .
  4. Sediakan secukupnya dan berikan perhatian pribadi kepada bermacam-macam pelayanan perseorangan terutama yang ber-hubungan dengan persoalan-persoalan pribadi.
  5. Berikan kesejahteraan kejiwaan dari komando anda dengan membantu kegiatan-kegiatan keagamaan.
  6. Jagalah kesehatan komando anda dengan mengawasi secara aktif kesehatan dan sanitasi.
  7. Bantulah dengan aktif rencana keselamatan.
  8. Pelihara sikap mental dari anggota-anggota komando anda dengan kunjungan informal yang sering, dan gunakan semua sumber informasi yang terdapat.
  9. Laksanakan keadilan secara menyeluruh tanpa ketakutan dan belas kasihan.
  10. Jaminlah pembagian yang adil dan merata untuk surat izin cuti, penjagaan, dan hak-hak lain.
  11. Doronglah perkembangan perorangan dengan memberikan ke-sempatan belajar bagi anggota-anggota komando anda.
  12. Berikan fasilitas olah raga dan rekreasi secukupnya di dalam organisasi, dan jaminan agar komando anda menerima bagiannya untuk tempat rekreasi dan hiburan.
  13. Ikutlah merasakan persoalan-persoalan dari anak buah agar anda dapat memahami mereka lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *