Advertisement

Rambut rontok beberapa helai bukanlah masalah besar. Lain halnya jika setiap hari jumlah kerontokan melebihi 100 helai. Bisa jadi, ada kondisi abnormal pada tubuh yang menyebabkannya.

1.MASALAH TIROID. Kadar tiroid di atas normal dapat menyebabkan siklus pertumbuhan rambut terganggu. Gejala lain yang menunjukkan adanya masalah tiroid yaitu, kenaikan dan penurunan berat badan secara dramatis, sensitif terhadap suhu panas dan dingin, serta perubahan denyut jantung.

Advertisement

2.PCO. Singkatan dari Polycistic ovary syndrome, yaitu ketidakseimbangan hormon kronis. Tubuh memproduksi hormon androgen secara berlebih, sehingga tumbuh rambut ekstra di wajah dan tubuh. Di saat yang sama, rambut di kepala kian menipis. Dampak PCO lainnya: Jadwal ovulasi tak tentu dan muncul jerawat.

3.KONSUMSI PIL KB. Rambut rontok adalah salah satu efek samping dari konsumsi pil KB, meski tidak dialami oleh semua perempuan. Hormon dalam pil KB bertugas “mengganggu” fase ovulasi agar tidak terjadi pembuahan. Faktor keturunan (rambut mudah rontok) turut memperbesar peluang mengalami efek samping ini.

Advertisement
Filed under : Bikers Health, tags: