KEPEMIMPINAN MASYARAKAT DITINJAU DARI ASPEK BUDAYA DAN SOSIOLOGI MASYARAKAT

70 views

Dalam kehidupan manusia yang saling berinteraksi dengan sesamanya, terdapat konsekuensi logis, yakni adanya dinamika kelompok masyarakat. Dari sekian banyak orang, tentunya ada satu atau lebih orang yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi dan mengarahkan kelompok tersebut kepada tujuan-tujuan tertentu. Dalam kelompok masyarakat, mereka yang mempengaruhi kelompok biasa disebut tokoh masyarakat.

Mereka yang menjadi tokoh atau pimpinan penting dalam masyarakat tidak terlepas dari arti kata “kepemimpinan”. Bagaimana pemimpin itu terbentuk, bagaimana ia dapat menduduki posisinya, dan bagaimana bentuk kepemimpinan atau gaya kepemimpinannya ditinjau dari banyak segi disiplin ilmu. Bidang-bidang ilmiah yang secara langsung membahas masalah ini adalah disiplin ilmu Sosiologi, Antropologi terutama Antropologi Sosial dan Psikologi Sosial.

Dalam membicarakan tentang “kepemimpinan”, kita harus meng-aitkan pengertian antara orang atau individu yang menjadi pemimpin dengan cara dan sifat yang khas yang menyandang ciri kepemimpinannya.

Bagi masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan kebudayaan, pemimpin masyarakat begitu penting artinya. Khususnya dalam menjalankan dan membantu berjalannya pemerintahan Indonesia

Jaringan tiga orang. Dalam masyarakat Indonesia yang sebagian besar masih hidup di pedesaan, konsep kepemimpinan adalah sesuatu yang sukar dicernakan dalam pemikirannya. Hal ini berhubungan dengan daya pemikiran dan wawasan pikir masyarakat desa yang masih sangat terbatas. Konsep kepemimpinan masih jauh bagi mereka, misalnya semenjak zaman pemerintahan raja-raja, zaman penjajahan, zaman Soekarno, dan zaman pemerintahan Orde Baru. Dapat dikatakan bahwa pemimpin dengan gaya kepemimpinannya masih terpisah dengan masyarakat.

Dari permasalahan yang ada ini, kepemimpinan merupakan suatu yang kompleks yang kompleks ini terdapat dalam sistem kepemimpinan itu sendiri karena sifat dari kepemimpinan dapat merupakan status, dapat merupakan fungsi atau dapat pula merupakan struktur dalam masyarakat. Di samping itu, kepemimpinan bukan milik kebudayaan tertentu, pemerintahan tertentu, zaman tertentu, atau lokasi tertentu. Oleh karena itu, kepemimpinan dapat dikatakan selalu ada dalam masyarakat dan milik masyarakat. Hanya karena lokasi, zaman, dan kebudayaan yang berbeda, maka terjadi corak-corak kepemimpinan yang bervariasi, baik dari segi struktur maupun proses terbentuknya.

Namun dari berbagai kemungkinan corak dan variasi kepemimpinan, secara metodis dapat ditarik suatu pola inti sehingga memungkinkan penyusunan tentang pemimpin dan kepemimpinannya. Hal mana adalah untuk menunjang keberhasilan suatu kelompok untuk mencapai tujuannya.

Berdasarkan berbagai disiplin ilmu, maka kepemimpinan ditinjau dari disiplin ilmu Sosiologi akan menitikberatkan pada penelaahan sistem kepemimpinan dalam segi strukturalnya. Hal ini berarti meninjau kedudukan pemimpin dalam masyarakat dan penelaahan tentang rangkaian komunikasi yang saling mempengaruhi pimpinan dan ma-syarakatnya {followers atau pengikutnya).

Ilmu Antropologi Sosial lebih menelaah dasar-dasar kebudayaan yang merupakan dasar proses terjadinya kepemimpinan. Variasi kebudayaan adalah salah satu hal yang menimbulkan variasi dalam kepemimpinan. Misalnya kebudayaan J cenderung menimbulkan kepemimpinan yang bercorak kerajaan, kebudayaan A cenderung menimbulkan kepemimpinan yang heroik dan sebagainya.

Atas dasar penelaahan disiplin Ilmu Sosiologi dan Antropologi, maka disiplin Ilmu Psikologi Sosial meninjau sistem kepemimpinan dari segi proses-proses yang terjadi di dalam individu yang memimpin dan juga proses yang terjadi di dalam warga yang dipimpinnya atau pengikutnya (followers-nya). Selain itu, disoroti pula komunikasi dengan prosesnya yang terjadi di antara pemimpin dan pengikutnya.

Dalam membahas tentang kepemimpinan, penulis mencoba berda-sarkan pada disiplin-disiplin ilmu yang membahas dan menguraikan tentang kepemimpinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *