Advertisement

Merupakan bagian dari wilayah Australia. Letaknya 3.685 kilometer di barat Darwin atau 1.280 kilometer di barat daya Singapura. Wilayah ini amat terisolasi karena dikelilingi Lautan Hindia. Luasnya 14 kilometer persegi, terdiri atas 2 pulau karang. Jumlah penduduknya 615 jiwa tahun 1987.

Kebanyakan penduduknya bekas buruh Melayu yang dibawa John Clunies-Ross, seorang Skotlandia. Orang Melayu hidup bersama keturunan CluniesRoss, hampir semuanya warganegara Australia. Ketinggiannya 3 sampai 6 meter di atas permukaan laut. Suhu dan iklim di Indonesia. Kopra mata dagang ekspor terpenting kepulauan ini. Tahun 1979 terbentuk Koperasi Kopra yang selain mengatur ekspor kopra, juga menangani pembangunan gedung dan penyediaan tenaga listrik diesel. Perairannya mengandung banyak ikan namun sebagian besar makanan dan bahan bakar harus diimpor.
Tahun 1978, keluarga Clunies-Ross menjual perkebunannya dan menyerahkan kekuasaannya kepada Australia. April 1984, dalam pemungutan suara, penduduk memilih bergabung dengan A ustralia.

Advertisement

Advertisement