Advertisement

Menyongsong persaingan di era pasar global, istilah aliansi strategis akhir-akhir ini ramai dibicarakan oleh berbagai kalangan dunia usaha di Indonesia. Di manca negara sebenarnya prinsip aliansi strategis mulai populer sejak dasawarsa 1970an, namun perusahaan-perusahaan di Indonesia baru mengenal dan menerapkannya pada dasawarsa 1990an. Hampir setiap hari dapat disaksikan melalui pemberitaan media massa, peristiwa persekutuan antara dua perusahaan besar atau lebih dalam bentuk kerjasama, penggabungan usaha, kemitraan, atau kolaburasi. Apapun sebutannya, memasuki era globalisasi, penggabungan usaha ini dapat melibatkan mitra usaha di mana saja, tidak saja dari dalam negeri, tetapi dapat pula berasal dari manca negara. Persekutuan ini melibatkan serangkaian fungsi dan aktifitas inti di masing-masing per-usahaan, dalam rangka mencapai tujuan tertentu yang seringkali berdampak strategis sesuai dengan tantangan masa depan yang dihadapi bersama.
Saat ini semakin banyak kalangan dunia usaha menyadari bahwa di arena bisnis, kompetisi tidak selamanya harus dihadapi dengan kompetisi. Aliansi ternyata dapat pula digunakan sebagai kiat yang ampuh untuk unggul dalam kompetisi. Menurut Jack Welch, CEO dari General Electric, aliansi sudah merupakan bagian terpenting dari persaingan global dan merupakan faktor kritis dalam menjaga kelangsungan usaha perusahaan atau bahkan dalam upaya memenangkan persaingan global. Saat ini semakin langka dijumpai suatu perusahaan unggul dalam segala hal. Sehingga pemikiran untuk menangani semua kegiatan usaha secara mandiri, saat ini sudah merupakan pilihan yang kurang menarik bagi perusahaanperusahaan yang bersaing di pasar global.
Hamel dan Prahalad (1994) meramalkan bahwa persaingan di masa depan tidak lagi antara perusahaan dengan perusahaan, tetapi antara sekelompok perusahaan yang bekerjasama dalam bentuk aliansi dengan sekelompok perusahaan lain. IBM dan Aplle Computer adalah dua raksasa perusahaan komputer yang ber-saing secara frontal. Tetapi mereka saat ini melakukan kolaburasi di bidang penelitian dan pengembangan guna menciptakan sejenis micro-chip yang kompatibel bagi kedua sistem komputer mereka. Aliansi dr bidang penelitian dan pengembangan juga dilakukan antara BASF, Nippon Oil, dan Fats yang berhasil menemukan sejenis bahan kimia khusus di Jepang, dan masing-masing menjualnya di lokasi pemasaran yang berbeda. Selanjutnya, aliansi antar perusahaan kelas dunia yang terlibat di industri elektronik juga semakin marak. IBM bersama-sama dengan Toshiba dan Siemens sedang mengembangkan semi konduktor generasi berikutnya, serta menjalin kerjasama pengembangan sistem dengan Hitachi dan Mitsubishi Electric. Sun bekerjasama dengan Fujitsu dan Matsushita, seperti halnya Philips dengan Mitsubishi Elec-tric dan Sony. Hewlett-Packard berkolaborasi dengan Mitsubishi Electric dan Fujitsu yang pada saat bersamaan membeli chip dari Samsung. Aliansi adalah sisi lunak dari persaingan bisnis dan sesuai dengan prinsip win-win. Dengan kata lain, aliansi strategis sudah merupakan pilihan bagi perusahaan-perusahaan memasuki era globalisasi.

Incoming search terms:

  • Arti Era persaingan
  • pengertian ERA dalam usaha

Advertisement
Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Arti Era persaingan
  • pengertian ERA dalam usaha