Advertisement

KOMUNIKASI MASSA – Ialah komunikasi yang dilaku­kan melalui media massa. Sasarannya khalayak yang luas atau massal, heterogen dan tersebar di berbagai tempat. Media komunikasi massa, atau media massa , dapat berupa surat kabar, majalah, atau media elektro­nik seperti film, radio, televisi dan video.

Untuk menunjang program pembangunan, media massa dapat digunakan dalam kegiatan komunikasi pembangunan yang tujuannya memberikan pene­rangan dan pendidikan kepada maysarakat luas, umpamanya tentang keluarga berencana, lingkungan hidup, pertanian dan koperasi. Karena dalam komuni­kasi pembangunan acap kali digunakan lebih dari satu macam media secara simultan, komunikasi ini juga disebut komunikasi multimedia. Dalam komunikasi multimedia biasanya tidak hanya digunakan media massa modern, tercetak maupun elektronik, seperti surat kabar, majalah, radio, film dan televisi, tetapi ju­ga media tradisional seperti pertunjukan wayang dan calung randai atau “panggung rakyat”.

Advertisement

Program pembangunan sering kali tidak hanya me­libatkan satu melainkan banyak instansi atau lembaga karena satu sama lain mempunyai kepentingan yang saling berkaitan. Untuk menghindari penyampaian informasi yang simpang-siur dan tumpang-tindih di antara bermacam-macam badan yang berlain-lainan, mereka dapat menyelenggarakan program komuni­kasi terpadu, suatu kegiatan komunikasi dengan ma­syarakat yang dilakukan bersama-sama oleh badan- badan tersebut.

Advertisement