Advertisement

The Life Span Pembangunan Model , berbeda dengan Puncak dan Tolak Model , menganggap kreativitas dan produktivitas yang tidak setara . Ini juga mengasumsikan bahwa kreativitas berubah dengan perkembangan sebagai hasil dari proses kognitif yang mendasari yang berubah dengan tahap kehidupan seseorang, serta pengalaman seseorang . Penelitian yang mendukung model ini cenderung untuk mengoperasionalkan kreativitas sebagai produk dinilai oleh masyarakat untuk menjadi novel dan signifikan . Misalnya, dalam lukisan , peneliti telah mengidentifikasi seniman paling kreatif dengan mencari sejumlah referensi untuk karya-karya mereka yang muncul dalam buku-buku sejarah seni utama .

Model ini didasarkan pada analisis kualitatif individu kreatif dari waktu ke waktu . Seperti Martin Lindauer telah menunjukkan , ada banyak keuntungan untuk menggunakan seni sebagai cara untuk memeriksa kreativitas di seluruh rentang kehidupan , termasuk : ( 1 ) data ini valid, karena seniman profesional telah menghasilkan manifestasi diakui publik kreativitas , (2 ) sering seniman menerjemahkan ide-ide yang kompleks , seperti perasaan mereka tentang kematian dan kematian atau reaksi masyarakat terhadap penuaan , ke dalam gambar dan teks , (3 ) mereka memberikan studi kasus bagaimana berbagai kendala , seperti katarak yang diderita oleh Monet , dapat diatasi , dan ( 4 ) seniman memberikan catatan longitudinal pekerjaan mereka . Banyak seniman lebih dikenal mulai memproduksi di masa muda mereka dan berlanjut sampai kematian mereka .

Advertisement

Hal ini sangat instruktif untuk melacak seniman yang ap – proached materi pelajaran yang sama pada waktu yang berbeda dalam hidup mereka . Dengan demikian , mereka melayani sebagai kontrol mereka sendiri . Sebagai contoh, Michelangelo Pieta terpahat pada usia 22 dan kemudian lagi pada usia 90 . Demikian pula , Francis Bacon menghasilkan serangkaian lukisan di mana dia mencoba untuk menggambarkan tangisan. Ia melukis gambar pertama ketika ia berusia 35 dan terus melukis tangisan sampai usia 79 . Sebagai Gene Cohen menunjukkan , Bacon percaya bahwa hal itu tidak sampai lukisan terakhir yang akhirnya dia sudah benar .

Advertisement