KRITIK DARI PUNCAK DAN PENURUNAN – MODEL : TES PSIKOMETRI

5 views

Ada banyak masalah dengan model ini . Kami akan membagi komentar kita ke dalam dua jenis data yang digunakan sebagai bukti untuk model ini : tes psikometri dan data produktivitas. Dalam hal tes psikometri , studi yang menunjukkan penurunan cenderung cross sectional dan tidak memperhitungkan perubahan kohort , seperti fakta bahwa orang yang lebih tua cenderung untuk menerima pendidikan formal kurang dari mereka yang lahir dekade setelah mereka . Orang mungkin berpendapat bahwa penurunan dalam tes berpikir divergen bukan karena kreativitas , tetapi untuk mencampuradukkan pendidikan dengan usia . Kedua, meskipun tes ini sangat handal , mereka cenderung memiliki sedikit validitas konstruk . Artinya, orang dinilai sebagai sangat kreatif masyarakat sering berkinerja buruk pada tes . Juga , orang-orang yang mendapat skor tinggi pada tes kreativitas cenderung tidak menampilkan derajat kreativitas yang tinggi di daerah lain kehidupan mereka .
Bagian dari alasan untuk kurangnya validitas tes psikometri adalah bahwa mereka tidak menangkap proses kreativitas . Menurut Howard Gardner, individu yang kreatif cenderung untuk terlibat dalam suatu proses yang meliputi menemukan pertandingan terbaik antara kekuatan mereka dan disiplin tertentu , mengevaluasi disiplin untuk mengidentifikasi ruang yang muncul menjanjikan , mengevaluasi kemajuan mereka , dan memotong kerugian jika kemajuan yang cukup tidak sedang dibuat . Proses aktif ini tidak disadap oleh tes kertas dan pensil di mana peserta penelitian pasif menanggapi pertanyaan yang dipilih oleh perancang tes .
Alasan lain untuk kurangnya validitas tes ini adalah bahwa berpikir divergen , kreativitas yang tes cenderung mengukur , mungkin kurang ditekankan di kemudian hari . Di masa muda , banyak orang mencoba untuk membedakan diri dari orang lain karena mereka berusaha untuk memperkuat identitas mereka . Dalam usia tua , bagaimanapun , individu telah mengembangkan identitas mereka . Dengan demikian , mereka dapat mengubah fokus mereka untuk mengintegrasikan banyak pengalaman mereka. Integrasi juga dapat menjadi kreatif . Di masa muda mungkin lebih mudah untuk datang dengan berbagai jawaban untuk pertanyaan atau mungkin saja lebih diinginkan untuk kelompok usia untuk melakukannya . Sebagai individu semakin tua , penelitian menunjukkan bahwa sering ada pergeseran ke cara yang lebih matang berpikir mana manfaat berasal dari kontras dan ide-ide yang terintegrasi dalam terang pengalaman sendiri . Dengan demikian, studi yang kontras skor tua dan muda dewasa pada tes psikometri dapat tidak tepat membandingkan dua bidang isi yang sangat berbeda dan tidak kemampuan kreatif sama sekali .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *