Advertisement

LETAK CANDI PAWON – Candi Budha di Brajanala, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah. Letaknya di antara Candi Borobudur dan Candi Mendut (sekitar 1.250 meter dari Candi Mendut dan 1.750 meter dari Borobudur). Diperkirakan pa- won berasal dari kata pawuan yang berarti tempat perabuan. Candi ini disebut juga Candi Brajanala yang berasal dari bahasa Sanskerta Vajrayang, yang berarti nyala atau kilat, dan anala, artinya api.

Candi Pawon diperkirakan dibangun dalam periode yang sama dengan Candi Borobudur dan Mendut. Ketiga candi ini terletak dalam satu garis lurus. Candi Pawon dianggap sebagai candi pengawal bagi Borobudur dan Mendut.

Advertisement

Bangunan Candi Pawon dibuat dari batu andesit. Bentuk bangunannya persegi dengan pintu gerbang di sebelah barat laut. Tubuh candi dihiasi dengan ukiran pohon kalpataru yang sangat halus pahatannya. Arca- arcanya sudah hilang. Di atas pintu masuk, terdapat hiasan Kalmakara, yakni relief berupa makhluk surga (aprasi), singa, pohon dan sulur-sulur bunga teratai. Seluruh candi dihiasi dengan dagoba-dagoba. Diper-kirakan candi ini merupakan makam raja.

Candi Pawon dibangun untuk menghormati Dewa Kuwera, yaitu Dewa Kekayuan, dewa dalam agama Budha. Dalam prasasti Karangtengah, 824 Masehi, diungkapkan adanya sebuah bangunan suci, mungkin yang dimaksudkan adalah Candi Pawon ini.

Incoming search terms:

  • candi pawon merupakan pintu gerbang dari candi
  • pengertian aprasi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • candi pawon merupakan pintu gerbang dari candi
  • pengertian aprasi