Advertisement

Macam-Macam Klasifikasi

1. Klasifikasi natural (alamiah). Di sini, yang menjadi dasar klasifikasi adalah ciri-ciri hakiki objek-objek tertentu. Dalam hal ini, klasifikasi menonjolkan persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan hakiki antara objek-objek.

Advertisement

2. Klasifikasi artifisial (buatari). Di sini, tujuan klasifikasi semata- mata mensistematisir objek-objek. Yang menjadi dasar klasifikasi adalah ciri-ciri yang diselaraskan dengan sistematisasi, bukan ciri-ciri yang hakiki bagi objek-objek itu sendiri.

3. Klasifikasi menyangkut unsur-unsur kimia yang dibuat Mendeleyev. Klasifikasi semacam ini didasarkan pada pengetahuan mengenai hukum-hukum menyangkut hubungan antara spesies dengan peralihan dari satu spesies ke spesies lainnya dalam proses perkembangan.

4. Tipologi. Klasifikasi semacam ini dibuat menurut ciri-ciri hakiki objek-objek. Tipologi didasarkan pada tipe. Tipe dianggap sebagai satuan pembagian realitas yang dianalisis. Tipe dipandang sebagai model ideal konkret dari objek-objek yang berkembangan secara historis. Sehingga muncul bermacam-macam tipologi: tipologi biologis, linguistik, kulturologis, dan lain lam.

Setiap klasifikasi merupakan hasil dari suatu demarkasi kisar tertentu terhadap batas-batas real antara tipe-tipe. Batas- batas itu selalu bersifat konvensional dan nisbi. Dengan berkembangnya pengetahuan, klasilikasi-klasifikasi berubah dan dibuat menjadi lebih tepat. Klasifikasi adalah satu dari dasar- dasar fundamental pengetahuan ilmiah. Kita tidak dapat mengerti sesuatu kalau kita tidak mengklasifikasikan atau menempatkannya dalam konteks yang berarti.

Incoming search terms:

  • perbedaan macam macam dan klasifikasi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • perbedaan macam macam dan klasifikasi