Advertisement

Kalau hanya seorang yang memikirkan atau melakukan hal tertentu, maka hal itu adalah kebiasaan pribadi, bukan suatu pola kebudayaan, Agar dapat secara tepat tercakup dalam kebudayaan ia harus dimiliki bersama oleh suatu bangsa atau oleh sekelompok orang-orang. Jadi, para ahli antropologi barulah berpendapat bahwa suatu bangsa mempunyai kebudayaan, jika para warganya memiliki bersama sejumlah pola-pola berpikir dan berkelakuan yang didapat melalui proses belajar. Luas dan jenis kelompok yang dimiliki bersama ciri-ciri ini sangat berbeda. Dalam keluarga kita, dan dengan kawan-kawan kita misalnya, kita memiliki bersama nilai-nilai, kepercayaan dan cara berlaku tertentu (walaupun ahli antropologi tidak begitu memperhatikan kelompok budaya semacam ini). Dengan bagian-bagian tertentu dari masyarakat kita yang mempunyai asal-usul etnis atau daerah atau agama, atau mempunyai pekerjaan yang sama dengan kita, kita miliki ciri-ciri bersama tertentu. Sebagai warga dari suatu bangsa yang sama kita miliki hal-hal tertentu yang serupa sifatnya. Dan malahan melampaui batas-batas nasional kita, kita juga memiliki ciri-ciri tertentu yang sama sifatnya dengan bangsa-bangsa di luar negeri khususnya bangsa-bangsa yang mempunyai kepentingan yang sama dengan kita.

Bila kita berbicara tentang kebiasaan bersama dalam suatu masyarakat, dan hal inilah yang menjadi pusat perhatian antropologi budaya, maka yang dimaksud adalah kebudayaan. Bila kita berbicara tentang kebiasaan yang dimiliki bersama oleh satu kelompok (sub group) dalam suatu masyarakat, dan hal inilah yang merupakan pusat perhatian ilmu sosiologi, maka yang dimaksud adalah suatu bagian khusus dari kebudayaan (sub culture). Dan bila kita mempelajari kebiasaan kelompok, dan kebiasaan itu dimiliki oleh kelompok- kelompok orang secara melampaui perbatasan nasional, maka untuk fenomena “emikian kita belum mempunyai nama — suatu hal yang mencerminkan bagaimana jarangnya fenomena semacam itu dan bahwa ciri bersama demikian masih sangat baru. Kepada fenomena semacam itu pada waktu ini kita beri istilah geografi misalnya, kita berbicara tentang “kebudayaan bangsa Eropa Timur”.

Advertisement

Mungkin sekali, penelitian baru akan menyarankan cara-cara pendekatan yang lain terhadap kebudayaan internasional. Misalnya, ada penelitian yang menyarankan bahwa suatu kebudayaan dapat dimiliki bersama oleh kelas ekonomi tertentu dalam arti umum dan secara internasional. Dalam kata pengantar untuk karyanya La Vida, Oscar Lewis menyatakan bahwa orang-orang yang hidup dalam kemiskinan memiliki kultur kemiskinan; kaum muda mereka mengalami masa kanak-kanak yang pendek dan penuh ketidakpastian; sebagai perseorangan mereka cenderung merasa tidak berdaya dan putus asa, pada umumnya mereka tinggai di kampung-kota (slums) yang padat dan keadaan perumahannya serba kurang; kecuali dalam hidup keluarga dalam masyarakatnya terdapat sedikit organisasi; dan tingkat integrasi kaum miskin ke dalam masyarakat yang lebih luas, kecil sekali. Walaupun pemikiran-pemikiran Lewis itu orisinal, namun itu adalah hasil penggunaan metoda antropologi yang telah dikenal: dia melihat suatu kebudayaan dengan mencatat ciri-ciri bersama yang ada padanya.

Suatu kebudayaan dapat dirumuskan sebagai seperangkat kepercayaan, nilai-nilai dan cara berlaku (artinya kebiasaan) yang dipelajari yang pada umumnya dimiliki bersama oleh para warga dari suatu masyarakat; yang dimaksudkan oleh ahli antropologi dengan masyarakat adalah sekelompok orang yang tinggal di suatu wilayah dan yang memakai suatu bahasa umum yang biasanya tidak dimengerti oleh penduduk tetangganya.  Kemampuan dapat merumuskan kebudayaan secara demikian bermanfaat, namun tidak dijelaskan bagaimana seorang ahli antropologi, jika menghadapi kenyataan-kenyataan penelitian lapangan, melaksanakan penelitian terhadap kebudayaan suatu bangsa tertentu. Untuk memahami bagaimana orang “melakukan” antropologi, harus diketahui bagaimana seorang ahli antropologi mengidentifikasikan pola-pola kelakuan, nilai-nilai dan gagasan yang mana yang sebenarnya merupakan bagian dari kebudayaan suatu bangsa yang sedang dipelajari.

Incoming search terms:

  • makna kebudayaan
  • contoh kebudayaan yang dimiliki bersama
  • arti dan makna kebudayaan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • makna kebudayaan
  • contoh kebudayaan yang dimiliki bersama
  • arti dan makna kebudayaan