Advertisement

Bila orang terlalu didesak oleh kerumitan-kerumitan peradaban, maka timbullah suatu kerinduan akan masyarakat yang “lebih dekat ke alam” atau lebih “sederhana” daripada masyarakatnya sendiri. Ada kecenderungan untuk berpendapat bahwa hubungan kekeluargaan sosial dan ekonomis yang tidak demikian rumit, adalah lebih baik. Seseorang dari Amerika yang bapaknya misalnya memegang dua atau tiga pekerjaan untuk dapat mengongkosi keluarganya, mungkin akan tertarik pada cara hidup orang-orang !Kung Bushmen dari Padang Pasir Kalahari, yang membagi-bagi bahan makanan dan yang tidak terhalang untuk menghabiskan sebagian besar dari waktunya untuk bersantai. Orang Bushmen memperoleh seluruh makanannya dengan berburu binatang dan mengumpulkan tumbuh-tumbuhan liar. Karena mereka tidak mempunyai fasilitas untuk pengawetan, maka membagi-bagikan daging hewan segar lebih baik daripada menyimpan daging busuk. Lagipula, orang-orang Bushmen berpindah dari satu tempat tinggal ke yang lain dan tidak dapat dibebani dengan memikul makanan, walaupun mereka sekiranya sanggup mengawetkannya. Milik bersama dan pembagian seperti itu memang terbukti, memberi semacam jaminan sosial kepada orang-orang Busmen — seorang pemburu, juga pada hari-hari yang sial dapat memperoleh makanan untuk dirinya dan keluarganya dari orang lain. Begitu pula, yang dia tangkap nanti akan dibagi-baginya dengan keluarga dari pemburu yang sial. Sistem membagi-bagi ini juga memberi jaminan bahwa orang-orang yang terlalu muda atau terlalu tua untuk membantu mencari makanan, memperoleh makanan. Jadi, dilihat dari sudut praktisnya, menyimpan tidak saja tidak mungkin untuk orang Bushmen, tetapi membagi-bagikan memberi keuntungan-keuntungan kongkret tertentu.

Walaupun demikian, sistem membagi-bagi makanan yang dipraktekkan orang Bushmen itu merupakan suatu cara pemecahan problema-problema yang disebabkan oleh lingkungannya yang khusus dan tidak dapat diterapkan dalam masyarakat lain seperti masyarakat Amerika. Lagipula, ada aspek-aspek lain dari penghidupan orang Bushmen, yang tidak menarik pada sebagian besar orang Amerika misalnya. Kalau orang-orang Bushmen yang suka berpindah-pindah itu memutuskan untuk pindah tempat, maka kaum wanitalah yang harus menggotong semua milik keluarga, yaitu sejumlah besar makanan dan air, termasuk anak-anak kecil sampai berumur 4 atau 5 tahun. Ini beban yang berat walaupun untuk diangkat melalui jarak pendek. Dan karena orang-orang Bushmen berjalan kira-kira 2.250 km dalam satu tahun,  tidaklah mungkin bahwa kebanyakan orang Amerika iri pada cara hidup orang-orang Bushmen.

Advertisement

Masalahnya adalah, bukan untuk menghindarkan perbandingan kebudayaan seseorang dengan kebudayaan lain yang lebih bersahaja, tetapi janganlah diberi sifat romantis kepada masyarakat yang masih bersahaja itu. Pada umumnya, tingkah laku mereka wajar untuk lingkungan mereka, seperti halnya dengan perilaku kita wajar untuk lingkungan kita sendiri. Pandangan kenisbian kebudayaan menuntut, agar semua perilaku dan adat-istiadat dari suatu masyarakat hendaknya dipandang dari sudut masyarakat itu dan tidak dari sudut kebudayaan orang lain yang telah dianggap sempurna, atau yang dianggap menunjukkan banyak kekuarangan.

Incoming search terms:

  • arti savage
  • pengertian noble savage
  • apa itu savage
  • maksud savage
  • savage artinya apa

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti savage
  • pengertian noble savage
  • apa itu savage
  • maksud savage
  • savage artinya apa