Advertisement

Masalah Eksistensi Dunia Kebendaan

1. Persoalan mengenai eksistensi dunia benda-benda yang tidak tergantung dari kesadaran manusia diuraikan dalam epistemologi atau teori pengetahuan.

Advertisement

2. Eksistensi obyektif dari dunia ini diafirmasikan oleh realisme dan disangkal oleh idealisme dan fenomenalisme.

3. Soal esensi benda merupakan salah satu perhatian pokok filsafat alam. Tugas utama filsafat alam ialah menjelaskan apakah tampakan inderawi atau secara lebih tepat, keluasan dan impenetrabilitas termasuk esensi benda atau tidak. Menurut Descartes, esensi benda terjadi karena keluasan itu sendiri. Menurut pandangan Skolastik, yang termasuk esensi benda adalah orientasi mutlaknya kepada keluasan dan impenetrabilitas aktual, bukan keluasan aktual dan impenetrabilitas itu sendiri.

Persoalan Bagian dan Keseluruhan. Pertanyaan lebih lanjut mengenai esensi benda menyangkut hubungan bagian-bagian yang satu terhadap yang lain dan dengan keseluruhan. Apakah keseluruhan timbul dari paduan bagian-bagian yang tidak dapat dibagi lebih lanjut? Ataukah keseluruhan ada sebelum bagian-bagian, yang dalam dirinya sendiri selalix dapat dibagi lebih lanjut? Adakah bagian-bagian ini sudah berada- sendiri dalam ruang berkenaan dengan esensinya ataukah hanya- karena pengaruh timbai balik? Kedua pertanyaan mengenai ke— ekaan dalam kedwian yang timbul dari divisibilitas benda-benda dan juga persoalan perubahan menimbulkan suatu pertanyarm yang lebih dalam: Apakah esensi suatu benda berasal dari satia atau beberapa prinsip fundamental? Untuk menjawab pertanyaan ini, hilemorfisme mengajarkan bahwa benda-benda tersusun dari materi pertama dan forma esensial.

Incoming search terms:

  • maslah eksistensi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • maslah eksistensi