MASALAH KHUSUS DALAM MENANGANI ANAK-ANAK DENGAN AUTISME – Anak-anak dengan autisme memiliki beberapa karakteristik yang membuat mereka sulit ditangani. Salah satunya, mereka tidak dapat menyesuaikan diri dengan baik terhadap perubahan rutinitas, dan karakteristik serta tujuan utama penanganan mencakup perubahan. Karakteristik lain, pengisolasian diri, dan gerakan stimulasi diri yang mereka lakukan dapat menghambat pengajaran yang efektif. Meskipun perilaku yang sama pada anakanak dengan disabilitas lainnya dapat menghambat berbagai upaya guru, tidak dengar, frekuensi dan keparahan yang sama dengan autisme.

Selain itu, sangat sulit menemukan cara untuk memotivasi anak-anak dengan autisme. Agar dapat berdampak efektif pada anak-anak tersebut, penguat harus eksplisit, konkret, dan sangat menonjol. Sebuah metode yang banyak digunakan dengan meningkatkan rentang penguat yang direspons oleh anak-anak autistik adalah memasangkan penguatan sosial, seperti pujian, dengan penguat primer, seperti makanan yang sangat diinginkan.

Masalah lain yang sering kali menghambat pembelajaran anak-anak dengan autisme adalah selektivitas mereka yang berlebihan dalam mengarahkan perhatian; bila perhatian si anak terfokus pada satu aspek tertentu dalam suatu tugas atau situasi, maka muatan lain, termasuk yang memiliki relevansi, dapat diabaikan sama sekali. Karakteristik selektivitas yang berlebihan dalam perhatian yang diberikan anakanak tersebut sangat menyulitkan mereka untuk menggeneralisasi atau menerapkan pembelajaran ke berbagai bidang lain. Contohnya, anak yang telah mempelajari beberapa kata dengan mengamati gerak bibir instruktur dapat tidak memahami katakata yang sama yang diucapkan oleh orang lain dengan gerak bibir yang kurang tegas.

Filed under : Bikers Pintar,