Advertisement

OWEN CHAMBERLAIN  ahli fisika Amerika Serikat. Bersama Emilio Segre, ia menerima Hadiah Nobel Fisika tahun 1959, atas keberhasilan mereka menemukan antiproton.

Owen Chamberlain lahir di San Francisco dan kuliah di Dartmouth College sampai mendapat gelar sarjana muda tahun 1941. Ia melanjutkan kuliah di Universitas Kalifornia dan bertemu dengan Profesor Emilio Segre. Di bawah profesor ahli nuklir ini Chamberlain ikut ambil bagian dalam penelitian dan pembuatan bom atom Proyek Manhattan di Los Alamos.

Advertisement

Seusai Perang Dunia II Chamberlain meneruskan kuliah di Universitas Chicago dan mendapat gelar Ph.D. tahun 1946. Tahun 1948 ia menjadi staf pengajar Universitas Kalifornia di Berkeley dan diangkat menjadi profesor penuh tahun 1958. Di laboratorium universitas ia antara lain meneliti kelapukan partikel alpha, difraksi neutron dalam zat air, dan reaksi partikel nuklir energi-tinggi. Pada tahun 1928 Dirac, ahli fisika Inggris, pernah mengemukakan teori bahwa di dalam atom ada antipartikel. Teori ini baru dibuktikan kebenarannya pada tahun 1955. Dengan mesin bevatron, yang baru ditemukan, Chamberlain dan Segre berhasil menemukan partikel antiproton dan sekaligus membenarkan teori Dirac.

Advertisement