Advertisement

SENI tari bukan semata-mata sebuah pertunjukan yang bersifat menghibur. Bagi bangsa Indonesia, seni tari punya banyak makna, baik makna sosial, ritual adat, maupun upacara keagamaan. Dikatakan, ada lebih dari 3.000 tarian asli Indonesia. Sebagian di antaranya masih eksis hingga hari ini, sebagian lagi terancam punah karena tak lagi dipraktikkan.

Menariknya, sebentuk tari bisa mengungkap cerita perjalanan manusia selama ribuan tahun. Hal tersebut bisa tersirat baik dari koreografi, kostum, maupun alat musik yang mengiringinya. Banyak tarian di Indonesia yang menyiratkan persinggungan berbagai budaya yang berasimilasi dengan budaya asli.Tari Zapin, misalnya. Tarian dari Semenanjung Melayu ini begitu khas dengan iringan musik gambusnya. Ini merupakan salah satu tarian Indonesia yang mendapat pengaruh dari agama Islam. Pakaian sang penari tertutup, alat musik yang digunakan khas dari Arab dan Persia, seperti rebana, tambur, dan gendang. Nyanyian pengiring tarian pun mengutip doa-doa Islam sehingga awal mulanya juga menjadi salah satu media berdakwah. Konon, tari Zapin diinspirasikan oleh para pendatang dari Yaman, yang dalam perkembangannya berasimilasi dengan budaya lokal. Nama Zapin sendiri diambil dari bahasa Arab, yaitu “Zafrt”, yang artinya mempunyai gerakan kaki cepat, mengikuti ritme tabuhan musik. Cerita di balik sebuah tari memang bisa amat panjang. Itu sebabnya beberapa guru sekolah di Amerika Serikat memanfaatkan tarian sebagai bagian dari proses belajar sejarah. Para guru di sekolah Westowne Elementary School, misalnya, beranggapan bahwa musik dan tari dapat menjadi media tepat bagi anak untuk belajar sejarah.

Advertisement

Melalui tari hip hop yang khas budaya pop Amerika, kisah perbudakan bangsa kulit hitam dan sejarah Afrika bisa terungkap. Demikian pula dengan jenis tari Stomp, yang tak kalah populer dengan membuat irama musik melalui entakan kaki, dan menampilkan keseragaman yang amat presisi dari setiap penarinya. Gerakan kaki serupa banyak dijumpai di tarian khas negara selatan Afrika, seperti Botswana.

Peleburan budaya yang terjadi berkat proses perpindahan penduduk selama ribuan tahun memperkaya evolusi budaya tari. Sebentuk tari membongkar banyak cerita. Apakah Anda pun pernah menyelaminya?

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar,