Advertisement

Masyarakat Cina selalu menghargai peranan pendidikan dan menghormati kaum terdidik. Sebelum komunis masuk Cina, ada dua alasan yang mendasari penghargaan tersebut: (1) para penganut Konfusianisme yakin bahwa fungsi dari setiap kegiatan belajar adalah menyempurnakan karakter sia; (2) kemampuan membaca dan menulis, dan pengetahuan tentang berbagai buku Konfusius akan membuka jalan menuju kemapanan finansial dan posisi dalam masyarakat. Oleh karena itu, semua calon pegawai negeri di Cina harus melalui pengujian yang didasarkan pada karya-karya Konfusius.

Setelah komunisme ijnasuk, pemerintah Cina pendidikan sebagai kunci untuk mencapai tujuan-tujuan politik, sosial, dan ekonomi. Begitu mulai berkuasa, pemerintahan komunis langsung menjalankan program pemberantasan buta aksara yang berlaku bagi semua orang dewasa. Kini, lebih dari tiga perempat dari seluruh rakyat Cina berusia 15 tahun atau lebih bisa membaca dan menulis. Walaupun demikian, hanya sekitar 20 persen penduduk Cina dapat membaca tulisan huruf latin. Pendidikan moral tetap dianggap penting di Cina. Semua mata pelajaran memadukan bahan-bahan akademis dan nilai-nilai politis. Bahkan ada beberapa mata pelajaran khusus yang membicarakan berbagai gagasan para pemikir besar komunis seperti Karl Marx, Lenin, dan Mao Zedong.

Advertisement

Para siswa yang dianggap berbakat langsung dimasukkan ke berbagai sekolah inti. Sekolah-sekolah inti ini mempunyai fakultas dan fasilitas pendidikan terbaik di Cina. Sekolah-sekolah inti ini ada pada tingkat sekolah dasar, sekolah menengah, dan perguruan tinggi. Di sekolah inti ini pendidikan komunisme juga lebih ditekankan dibanding di sekolah biasa.

Komunikasi di Cina diawasi ketat oleh pemerintah melalui beberapa tingkatan sensor. Para pemimpin Cina menentukan jenis bacaan yang boleh dibaca rakyat di koran-koran dan majalah-majalah, film mana yang boleh beredar, jenis siaran yang boleh didengarkan dari radio, dan jenis acara yang ditayangkan di televisi.

Pemerintah dan Partai Komunis Cina menerbitkan ratusan harian dan banyak mingguan. Surat kabar utama yang terbit di Cina adalah Renmin Ribao (Harian Rakyat) yang berkantor di Beijing. Surat kabar ini merupakan harian resmi yang diterbitkan oleh Partai Komunis. Selain harian yang tercetak, Cina masih memiliki ratusan lembaran berita dalam bentuk stensilan dan yang ditulis tangan. Seperti negara komunis lainnya, budaya poster dengan huruf-huruf besar semula merupakan sarana komunikasi dan ungkapan pendapat pribadi rakyat Cina. Akhir tahun 1970-an, setelah pengaruh Mao Zedong surut, rakyat mulai memanfaatkan poster-poster tersebut untuk mengecam sistem politik Cina dan menuntut kebebasan. Tahun 1980, pemerintah Cina mengharamkan per-buatan menempelkan poster pada dinding.

Cina memiliki sekitar 255 stasiun radio dan 118 stasiun televisi. Banyak keluarga Cina memiliki satu pesawat radio. Siaran-siaran radio dipancarkan juga melalui pengeras-pengeras suara yang ditaruh di banyak tempat umum. Hanya sedikit saja keluarga Cina yang mampu membeli pesawat televisi. Sambungan telepon dan telegraf hanya dipakai untuk tujuan-tujuan resmi dan dalam keadaan mendesak. Untuk komunikasi pribadi, rakyat Cina terutama mengandalkan jasa pos.
Sejarah. Catatan tertulis paling tua tentang sejarah Cina berasal dari Dinasti Shang (17667-1122 SM). Catatan-catatan sejarah ini berupa tulisan yang ditatahkan pada permukaan banyak bejana perunggu atau pada permukaan ribuan tempurung kura-kura dan tulang-tulang binatang lain. Baru pada tahun 100 SM, sejarawan Cina, Suma Ch’ien, menuliskan sejarah Cina pertama yang dianggap penting. Sejak dulu orang Cina memiliki kebiasaan menyimpan banyak catatan rinci tentang semua kejadian yang berlangsung pada jamannya.

Awal peradaban bangsa Cina sudah terjadi jauh sebelum adanya penulisan sejarah. Manusia prasejarah yang disebut Manusia Peking hidup” antara 500.000 dan 250.000 tahun yang lalu di wilayah yang kini dikenal sebagai Cina bagian utara. Menjelang 10.000 tahun sebelum Masehi, sejumlah kebudayaan Jaman Batu Baru mulai tumbuh di wilayah ini. Dua di antaranya, kebudayaan Yang-shao dan Lung-shan, sudah memperlihatkan kekhasan peradaban Cina. Kebudayaan Yang-shao mencapai masa puncaknya sekitar tahun 3000 SM. Setelah itu, kebudayaan Lung-shan tampil menggantikannya.

Dinasti Cina pertama, Shang, lahir dari kebudayaan Lung-shan dalam tahun 1700-an SM. Pusat pemerintahan wangsa ini di Lembah Sungai Huang Ho. nasti Shang kemudian berkembang menjadi suatu kelompok masyarakat yang berkembang sangat pesat. Peninggalan yang khas dari wangsa ini antara lain penciptaan berbagai bejana perunggu, pengembangan kereta kuda untuk bertempur, dan berlakunya sistem penulisan.

Tahun 1122 SM, Dinasti Shang dihancurkan suku bangsa Chou yang menguasai wilayah barat Cina. Suku bangsa ini lalu mendirikan dinastinya sendiri yang memerintah Cina sampai tahun 256 SM. Sejak awal pemerintahannya, Dinasti Chou hanya memusatkan pemerintahannya atas wilayah utara Cina. Pemerintahan wilayah timur dipercayakan kepada beberapa pengikutnya yang setia. Lama kelamaan, para pengikut ini merasa diri semakin kuat dan ingin bebas dari pengaruh dinasti Chou. Situasi ini sedikit demi sedikit melemahkan kekuasaan Dinasti Chou. Masuknya suku bangsa bukan Cina mempercepat keruntuhan dinasti ini. Akhirnya, Dinasti Chou harus meninggalkan ibu kota pada tahun 771 SM. Pada akhir masa pemerintahan dinasti Chou, para pengikutnya yang menguasai wilayah timur saling berebut pengaruh. Perebutan pengaruh ini mencapai puncaknya dalam perang yang terjadi selama tahun 403 sampai 221 SM. Penguasa wilayah Chin berhasil mengalahkan semua saingannya pada tahun 221 SM. Penguasa wilayah ini kemudian mendirikan Dinasti Chin. Dinasti ini menerapkan sistem pemerintahan terpusat yang pertama di Cina. Dasar pemerintahannya adalah perpaduan antara pemikiran filsafat legalisme dan Konfusianisme. Legalisme menekankan pentingnya otoritas, administrasi yang efisien, dan sistem perundangan yang diberlakukan secara ketat; sedangkan Konfusianisme menekankan nilai luhur. Perpaduan antara keduanya membantu para kaisar Cina mempertahankan kekaisarannya selama lebih dari 2.000 tahun.

Incoming search terms:

  • pendidikan komunis
  • arti pendidikan komunis
  • contoh pendidikan komunisme cina
  • pendidikan cina dgn sistem komunis
  • pendidikan di negara komunis
  • perbedaan pendidikan dan pendidikan komunis
  • yang di maksud pendidikan komunis

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pendidikan komunis
  • arti pendidikan komunis
  • contoh pendidikan komunisme cina
  • pendidikan cina dgn sistem komunis
  • pendidikan di negara komunis
  • perbedaan pendidikan dan pendidikan komunis
  • yang di maksud pendidikan komunis