Advertisement

Secara adminis-tratif terletak di kampung Suranadi, desa Selat, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Taman wisata ini dikelola oleh Sub-Seksi PPA Lombok Barat, Sub-Balai PPA Nusa Tenggara Barat.

Daerah ini beriklim tropis dengan curah hujan rata- rata 1.500-2.000 milimeter per tahun, dengan suhu rata-rata 29,5°C. Hal yang menarik dari kawasan taman wisata ini adalah panorama alamnya, fauna dan floranya serta upacara adat (keagamaannya).

Advertisement

Panorama alamnya berupa areal perbukitan yang hijau dengan udara yang bersih dan sejuk. Kompleks hutan taman wisata ini merupakan hutan campuran yang didominasi oleh jenis pepohonan seperti pulai, sama, kopang (Parkis biglandulosa), durian dan berora (Kleinhovis hospita). Sementara dari segi keagamaan, setiap sasih kapat, yakni antara bulan Oktober sampai dengan November, masyarakat setempat mengadakan upacara agama di pura-pura dan mengunjungi sumber mata air yang terdapat dalam kawasan taman wisata ini.

Waktu terbaik untuk melakukan kunjungan ke kawasan taman wisata Suranadi adalah dalam bulan Oktober dan November. Karena selain iklim serta cuaca yang menunjang juga bertepatan dengan dilangsungkannya upacara keagamaan oleh masyarakat Hindu Dharma yang juga merupakan salah satu atraksi kepariwisataan daerah ini.

Advertisement