Advertisement

Pada bagian ini kita akan membahas mengapa kreativitas dapat berubah di kemudian hari , dan kemudian kita akan memeriksa cara di mana kreativitas perubahan . Ada sejumlah teori tentang perkembangan akhir-hidup yang berusaha untuk menjelaskan evolusi kreativitas dalam diri seseorang . Ini termasuk teori psikodinamik . Sebagai contoh, Erik Erikson dan Joan merasa bahwa usia tua adalah waktu pembangunan psikodinamik yang bisa mengubah kualitas kreativitas . Dalam usia tua , individu dapat mengalami perubahan dramatis ketika mereka mencoba untuk menyelesaikan konflik tahap sebelumnya serta konflik baru diangkat dengan mencoba untuk mempertahankan kearifan meskipun faktor-faktor yang dapat menyebabkan putus asa , seperti mencoba untuk berdamai dengan kematian mendekati mereka . Beberapa percaya bahwa sebagai individu mendekati kematian mereka mencoba untuk menemukan cara untuk membuat tanda abadi di dunia .
Hal ini dapat menyebabkan lonjakan energi kreatif , kadang-kadang disebut ” lagu angsa . ” Fenomena ini dicontohkan oleh karir Henry Roth , dianggap telah menjadi salah satu penulis Amerika terbesar abad ini . Ketika ia berusia 28 novel pertamanya , Sebut saja Tidur , diterbitkan . Selama 45 tahun berikutnya ia menderita blok penulis . Kemudian , antara usia 73 dan 89 , meskipun menderita rheumatoid arthritis yang parah , ia menghasilkan serangkaian enam novel otobiografi berjudul rahmat Stream Rude . Roth merasa bahwa saat ia mendekati menulis kematiannya sendiri memungkinkan dia untuk berdamai dengan tindakan hidupnya bahwa ia menyesal dan kematian -Nya . Dalam berpikir tentang proses kreatif , protagonis dalam salah satu novel otobiografi kemudian Roth , Dari Bondage , menyatakan bahwa menulis adalah ” sebuah jendela ke masa depan yang tersisa saya. . . ( itu ) adalah kelangsungan hidup saya , dan penebusan dosa . ”

Ada juga perubahan kognitif di usia tua yang dapat berkontribusi pada perubahan gaya kreativitas . Sedangkan beberapa kualitas kognitif yang mungkin terkait dengan kreativitas tampaknya tidak berubah , seperti kemampuan untuk menggunakan citra , yang lain tampaknya berubah . Sebagai contoh, sedangkan kecerdasan cairan atau kapasitas abstrak untuk pemecahan masalah bisa menurun , mengkristal kecerdasan atau akuisisi pengetahuan dari pengalaman , seperti kosakata dapat meningkat. [ Lihat CITRA ; PEMECAHAN MASALAH . ]

Advertisement

Selain itu, perubahan fungsi fisik dapat menyebabkan perspektif baru yang dapat memicu kreativitas . Paul dan Margaret Baltes telah mengembangkan sebuah teori yang disebut dengan Optimasi Kompensasi yang menunjukkan bahwa orang-orang tua yang menghadapi penurunan fisik atau kognitif harus menemukan cara untuk mengubah gaya mereka untuk mengkompensasi . Misalnya, ketika Degas mulai kehilangan penglihatannya dia mengubah media nya dari cat minyak lilin lebih taktil dan kapur berminyak . Dalam bidang kreatif yang berbeda , fisikawan Hans Boethe menjelaskan bahwa meskipun ia membuat kesalahan lebih banyak di usia tua , ia menjadi lebih waspada pada menangkap kesalahan .

Incoming search terms:

  • bagaimana kreatifitas dapat menghasilkan perubahan dalam kehidupan
  • bagaimana kreativitas terjadi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • bagaimana kreatifitas dapat menghasilkan perubahan dalam kehidupan
  • bagaimana kreativitas terjadi