Advertisement

Salah seorang ulama yang berpengaruh di Sulawesi Selatan. Ia dilahirkan di Desa Ujunge, Tana Sitolo, Kabupaten Wajo. Di samping belajar ilmu agama pada beberapa ulama, ia juga mengikuti pendidikan di Volk School dan bahkan mengikuti kursus bahasa Belanda dan masuk Sekolah Guru yang didirikan oleh Syarikat Islam di Ujungpandang. Dalle merupakan murid kesayangan Kiai Haji As’ad Wajo.

Pada tahun 1949, bersama dengan beberapa ulama Dalle mendirikan Madrasah Arabiyah Islamiyah (MAI) yang kemudian berkembang menjadi Daru (DDI) yang sekarang u sebar di Sulawesi, beberapa kota di Jawa, Sumatr; Kalimantan, dan Nusa Tenggara Barat. Pada tahun 50-an Dalle pernah diangkat menjadi Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Wajo. Pada bulan Juli 1955 Dalle diculik oleh Gerombolan Darul Islam di bawah pimpinan Kahar Muzakkar karena gerombolan tersebut bermaksud memanfaatkan pengaruhnya. Walaupun di hutan, Dalle tetap mengadakan kegiatan pendidikan agama. Setelah kembali ke kota tahun 1963, Dalle diterima kembali oleh masyarakat untuk memimpin DDI hingga sekarang.
Pada saat pembentukan Majelis Ulama Indonesia Dalle diangkat sebagai salah seorang anggota Majelis Pertimbangan. Ia pernah pula menjadi anggota MPR. Selain mengajar, Dalle banyak menulis pelajaran agama yang mencakup berbagai bidang, seperti aqidah, fikih, tasawuf, tarikh dan bahasa Arab, baik dalam bahasa Bugis maupun bahasa Arab. Karyanya, antara lain Al-Risalah al-Bahiyyah Fi ‘l-Aqaidi islamiyah, Al-Durusu ‘l-Fiqhiyah, Al-Fiqhu ‘l-Islami, dan Al-Qawlu ‘l-Shadiq. Ambo Dalle juga berbakat seni; ia gemar melukis dan menggubah syair.

Advertisement

Incoming search terms:

  • arti ambo dalle dalam bahasa arab
  • arti bahasa dari ambo dalle

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti ambo dalle dalam bahasa arab
  • arti bahasa dari ambo dalle