Advertisement

Disingkat Tass, didirikan pada tahun 1925 sebagai satu-satunya kantor berita resmi pemerintah Uni Soviet. Tass termasuk di antara “lima besar” kantor berita internasional di samping AFP dari Perancis, AP dan UPI dari Amerika Serikat, dan Reuters dari Inggris. Karena peranannya yang dipandang penting dalam penyebaran informasi, kantor berita ini memiliki status Komite Negara, yang setingkat kedudukannya dengan departemen atau kementerian. Kedudukan pimpinan tertinggi Tass, dengan demikian, setingkat dengan menteri.

Komite Sentral Partai Komunis juga mengawasi dan mengontrol kantor berita ini melalui Departemen Penerangan Internasional yang didirikan pada tahun .1978. Departemen tersebut mengawasi pula kantor berita setengah resmi Novosti, harian-harian Pravda dan Izvestia, serta Radio Moskwa, selain bagian penerangan di setiap kedutaan besar Uni Soviet di luar negeri.

Advertisement

Melalui kontrol yang dilakukan baik oleh negara maupun partai, dapat diciptakan keseragaman politik dan ideologi dalam informasi yang disiarkan oleh setiap media komunikasi massa Uni Soviet. Tetapi kontrol yang berarti pula sensor tersebut telah sangat berkurang sejak Presiden Mikhail S. Gorbachev melancarkan politik glasnost (keterbukaan) dan perestroika (restrukturisasi) pada tahun-tahun terakhir 1980-an. Sejak itu, tidak banyak lagi masalah yang dianggap “terlarang untuk diberitakan” oleh media massa Uni Soviet.

Tass menyebarkan berita dan karangannya dalam tujuh bahasa ke sekitar 120 negeri. Menurut perkiraan, setiap hari Tass menerima dan menyebarku i n for. masi sebanyak lebih dari 10.000 halaman keti; Kantor berita ini juga memberikan pelayanan foto. Tass mempunyai biro atau kantor perwakilan di 92 negeri antara lain di Jakarta. Dengan berbagai kantor berita internasional dan nasional diadakan kerja sama pertukaran berita, umpamanya dengan Antara di Jakarta.

Incoming search terms:

  • kantor berita sovyet
  • kantor berita unisoviet

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • kantor berita sovyet
  • kantor berita unisoviet