Advertisement

AKTIVITAS TOLONG MENOLONG DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA
Kecuali dalam sambatan dalam produksi pertanian, aktivitas tolong menolong juga tampak dalam aktivitas kehidupan masyarakat yang lain, ialah:
1) Aktivitas tolong menolong antar tetangga yang saling berdekatan, untuk pekerjaan-pekerjaan kecil sekitar rumah dan pekarangan, misalnya: menggali sumur, mengganti dinding bambu rumah, membersihkan rumah dan atap rumah dari hama tikus, dan sebagainya. Adat untuk meminta bantuan tetangga guna pekerjaan serupa itu di daerah Karanganyar – Kebumen dikonsepsikan sebagai hal yang berbeda dengan sambatan, dan disebut dengan istilah yang lain, istilah guyuban.
2) Aktivitas tolong menolong antara kaum kerabat (dan kadang-kadang beberapa tetangga yang paling dekat) untuk menyelenggarakan pesta sunat, pesta kawin atau upacara-upacara yang lain sekitar titik-titik peralihan pada lingkaran hidup, individu (hamil 7 bulan, kelahiran, melepas tali pusar, kontak pertama dari bayi dengan tanah, pemberian nama, pemotongan rambut, pengasahan gigi, dan sebagainya). Adat tolong menolong antar kaum kerabat seperti itu di daerah Karanganyar-Kebumen disebut “nyurung”.
3) Aktivitas sopan santun tanpa pamrih untuk membantu secara spontan pada waktu seseorang penduduk desa mengalami kemalangan atau bencana. Untuk membantu secara spontan untuk seperti itu, di daerah Karanganyar-Kebumen disebut “tetolong hayat”.
Di antara keempat aktivitas bentuk tolong-menolong tersebut di atas, yaitu sambatan, guyuban, nyurung, dan tetolong hayat, ada suatu perbedaan dalam hal sifat spontanitas yang menjiwai keempat aktivitas itu.
Sambatan dilaksanakan dalam suasana yang tidak spontan melainkan dalam suasana untuk memperhitungkan jasa dan kompensasinya secara tajam dan berasas guna. Demikian juga dengan paguyuban, walaupun suasana spontan dan per-saudaraan antara tetangga dekat sudah lebih tampak.
Adapun suasana spontan tanpa pamrih yang paling besar tampak pada peristiwa tetolong hayat, pada waktu orang membantu orang lain pada peristiwa adanya kematian dan bencana.

Advertisement
Advertisement