Advertisement

MENGENAL ANDREW JACKSON (1767-1845), Presiden ke­tujuh Amerika Serikat (1829-1837). Ia terutama di­hargai karena pengangkatannya dipilih langsung oleh rakyat, melalui pemilihan umum tahun 1828. Pemilu 1828 itu dinilai sebagai titik balik dalam sejarah po­litik Amerika Serikat, dan dikenal dengan Demokrasi Jackson.

Jackson berpendidikan hukum. Pada masa pendu­dukan Inggris (1780-1781) ia dipenjarakan. Ia sangat membenci Inggris yang telah melukai wajahnya dan dianggapnya penyebab kematian ibu beserta dua ka­kak lelakinya. Pada tahun 1788 ia menjadi jaksa pe­nuntut masalah perdata.

Advertisement

Jackson merintis karier kepresidenannya sejak 1824, saat ia termasuk dalam empat calon presiden. Karena ada “permainan” dalam pemilihan tersebut, Jackson tidak terpilih meskipun memperoleh dukung­an terbanyak.

Dalam pemilihan tahun 1828 Jackson berhasil me­nang telak atas John Quincy Adams, lawannya yang terlibat permainan dalam pemilu sebelumnya. Keme­nangannya merupakan hasil kampanye yang bersih dan mengandalkan kepribadian tangguh, bertolak be­lakang dengan kebiasaan pemilu sebelumnya.

Incoming search terms:

  • Andrew jackson sejarah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Andrew jackson sejarah