Advertisement

Komponis Cekoslowakia terkenal, sejajar dengan Brahms dan Tschai-kowsk Seperti komponis Cekoslowakia lainnya, Bedrich Smeta, Dvorak berusaha memasukkan ke¬tradisionalan rakyat tanah asalnya, sehingga dapat dikenal oleh dunia luar.

Dvorak lahir di Nelahozeves, Bohemia, yang sekarang dikenal sebagai Cekoslowakia. Ketika itu, Bohemia sedang memperjuangkan kemerdekaan dari Kekaisaran Austria. Tidak mengherankan jika musiknya mencerminkan rasa patriotisme dan nasionalisme yang kuat. Dvorak meraih sukses pertama dengan gubahannya Himne (1873) untuk paduan suara dan orkes. Dari pemerintah, ia mendapat tunjangan negara yang biasanya diberikan kepada musikus terbaik.

Advertisement

Musik Dvorak menarik perhatian Brahms, yang membantu memperkenalkan musik Dvorak ke luar negeri, sehingga Dvorak terkenal sampai di Amerika Serikat. Tahun 1892, ia diangkat menjadi Kepala Konservatorium Kota New York. Di sini ia membuat simfoni yang dianggap terbesar, yaitu Dari Dunia Baru (1893). Tahun 1895, ia kembali ke Bohemia karena rindu akan tanah air.

Tahun 1901, Dvorak diangkat menjadi Direktur Konservatorium Praha. Tahun 1905, ia meninggal. Musiknya kaya dan penuh variasi; dari simfoni, opera, konser, musik untuk ensambel kecil dan piano, sampai karya untuk paduan suara. Karyanya yang dianggap paling terkenal Duet Morovia (1876), Misa Requiem (1890), Rusalka (1900), dan Dumky (1891).

Advertisement