Advertisement

Pada masa kini tampak terpengaruh oleh dua aliran arsitektur yang pernah berkembang di tempat itu’ yakni aliran arsitektur Harappa dan Gandhara. Pada sekitar tahun 2.500 SM di lembah Sungai Indus muncul aliran arsitektur Harappa, dan setelah itu, dari tahun 1.500 SM sampai awal tarikh Masehi berkembanglah aliran Gandhara. Kedua aliran ini mempunyai pengaruh yang sama kuat.

Tata kota dengan corak Harappa yang didominasi bentuk empat persegi panjang terlihat di bagian barat Punjab, propinsi terluas ketiga di Pakistan, dengan jalan-jalan utama yang membentang ke arah utara-selatan dan timur-barat, membentuk pola jalur-jalur sejajar. Umumnya bangunan rumah di daerah ini memiliki sedikit lubang ventilasi, dan jendelanya hanya merupakan celah. Pintu rumah menghadap ke jalan, sedangkan ruang-ruangnya menghadap ke halaman dalam. Tangga kayu yang curam menghubungkan ruang tengah dengan tingkat di atasnya. Hampir setiap bangunan mempunyai sumur sendiri. Ruang- ruang dihias dengan ceruk-ceruk yang diplester dan dihaluskan dengan air tanah liat atau dicat, sedangkan jendelanya dihiasi dengan kisi-kisi pualam. Dinding bagian dasar bangunan umumnya terbuat dari pasangan bata.

Advertisement

Gandhara – yang telah mendapat pengaruh kebudayaan India dan Romawi-Yunani – berkembang sekitar abad ke-I sampai ke-5. Aliran arsitektur ini merupakan pusat sejarah kebudayaan Budha. Di dalam kota benteng Sirkap terdapat stupa Budha dan Jain, kuil Budha dengan relung-relung, dan banyak bentuk bangunan umum yang menyerupai Istana Mogul. Makam batu di tempat itu terdiri atas tempat pertapaan yang dilengkapi kamar-kamar kecil, ruang besar tempat berkumpul, dapur, serta ruang makan bersama yang berstupa.

Pada sekitar abad ke-8 sampai ke-10 arsitektur Pakistan mulai mendapat pengaruh Hindu dan Islam. Pada kuil Hindu, pilar-pilar Yunani-Romawi dilestarikan sebagai ragam dasar tembok penyekat ruangan. Pengaruh Islam di Pakistan tampak pada sederet bangunan yang terdiri atas lima makam berkubah dengan penutup keramik mengkilap yang ditopang oleh dinding miring. Makam ini dibangun sekitar  tahun 1152 sampai 1324. Pengaruh Islam dari Iran yang masuk ke Pakistan ini tetap bertahan pada bangunan- bangunan Islam, termasuk Mesjid Agung di Tatta VANS dibangun pada abad ke-16.

Incoming search terms:

  • perbedaan arsitektur harapa dan ghandara
  • sejarah arsitektur pakistan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • perbedaan arsitektur harapa dan ghandara
  • sejarah arsitektur pakistan