Advertisement

Tradisi Kue Bulan pertama kali muncul pada masa Dinasti Xia dan Dinasti Shang. Ini adakah tradisi ritual masyarakat China Kuno yang bersifat ritual. Akan tetapi, perayaan tradisi tersebut baru populer ketika masa Dinasti Tang.

Banyak orang percaya, tradisi ritual ini berasal dari latar belakang pertanian China, yaitu petani memohon pada Dewa Bumi agar diberi musim yang baik. Pada akhir masa panen yang bertepatan sekitar pertengahan bulan ke-8 (Imlek), para petani akan mengadakan ritual pemujaan terhadap dewa yang telah memberikan hasil panen berlimpah sebagai rasa syukur dan ucapan terima kasih.

Advertisement

Sebagian lain percaya Festival Kue Bulan berasal dari legenda seorang pemanah bernama Hou Yi. Konon zaman dahulu di atas langit ada 10 matahari, hal ini tentu saja membuat bumi menjadi kering dan rakyat hidup menderita. Hou Yi lalu pergi memanah 9 buah matahari sehingga tersisa satu matahari. Semenjak itu Hou Yi dikenal sebagai I pahlawan dan kemudian menjadi Raja di China Dikisahkan, istrinya yang bernama Chang’E memakan ramuan yang membuatnya terbang ke bulan. Sedih ditinggal istri, Hou Yi membangun sebuah altar dan meletakkan makanan kesukaan Chang’E berupa buah-buahan segar. Inilah awal masyarakat kuno China mulai membelikan persembahan kepada dewi bulan, persembahan berupa kue bulan, anggur, dan buah semangka.

Selain Festival Kue Bulan, pertunjukan Kembang Api Internasional Makau-Universal di Menara Makau pada 14 September, 19, 21, 28 dan 1 Oktober, diakui sebagai salah satu yang terbaik. Tim kembang api yang berasal dari Perancis dan Ch na akan menggelar penampilan mereka pada 1 Oktober sebagai puncak pada Hari Nasional. Selama bertahun-tahun, lebih dari 100 tim internasional dari China, Filipina, Thailand, Taiwan, Jepang, Korea, Australia, Inggris, Swiss, Perancis, Jerman, Portugal dan Spanyol telah berpartisipasi dalam kelas dunia piroteknik tembak-menembak.

Incoming search terms:

  • festival kue bulan di makau
  • tradisi kue bulan

Advertisement
Filed under : Bikers Health, tags:

Incoming search terms:

  • festival kue bulan di makau
  • tradisi kue bulan