Advertisement

Sehubungan dengan hal itu, aspek estetis dari kebudayaan sangat menarik perhatian. Sebab, kreativitas yang paling menyolok kita jumpai dalam bidang kesenian. Di sini kesenian dapat dipandang sebagai pelbagai bentuk ekspresi perasaan indah seperti yang terwujud dalam bangunan, gambar, bunyi-bunyi atau suara, gerakan, dan lain sebagainya. Dimensi estetis kehidupan manusia memberi ruang seluas-luasnya untuk mewujudkan dan menyatakan segala sesuatu yang dialami sebagai perasaan.

Meskipun pengalaman dari perasaan manusia adalah universal, tetapi yang sangat menyolok ialah bahwa bentuk-bentuk ekspresinya beraneka ragam menurut corak dan gaya tersendiri atau khusus. Justru kekhususan itulahryang menunjukkan watak tertentu dari kebudayaan serta kepribadiannya.

Advertisement

Jadi jelaslah bahwa fungsi kesenian yang sangac utama ialah kemampuannya secara kongkret menampilkan karakter atau kepribadian suatu bangsa. Dengan perkataan lain, gaya di dalam kesenian pada hakikatnya menjadi lambang identitas kelompok atau bangsa yang memilikinya. Selanjutnya tinggal menjadi kewajiban pengamat, bagaimana menginterpretasikan makna dari pelbagai lambang itu.

Incoming search terms:

  • pengertian aspek estetis

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian aspek estetis